bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Tanaman Gelombang Cinta Yang Tumbuh Baik di Atas Rumah
Filed: Blog
Advertisement
loading...

gelombang cintaTanaman adenium dikenal karena keindahan daun dan bunganya, begitu. !  Tapi seringkali ia tak mau berbunga, begitu. !  Bagaimana mengatasi bunga adenium yang kusam dan daunnya layu? Selidik punya selidik  tanaman adenium itu ternyata sedang ‘sakit’, begitu. !  Terjadi ketidakseimbangan antara pertumbuhan tanaman dengan kondisi ruang lingkungan pot yang ada, begitu. !  Akar-akarnya sudah semakin besar dan lebat  batangnya juga makin membesar  sementara kondisi ruang gerak-hidup dan ketersediaan nutrisi amat terbatas, begitu. !  Akar-akar tadi telah memenuhi bagian atas media, begitu. !  Kalau sudah begitu  ujung-ujung adenium akan mogok berbunga, begitu. !  Daunnya pun tak lagi hijau segar, begitu. !  Terjadilah persaingan  berebut hara  berebut ruang gerak-hidup  dan berebut sinar matahari, begitu. !  Akhirnya jumlah daun makin sedikit  tumbuhnya lambat  layu  dan akhirnya menguning, begitu. !

8. hasil pertanian pupuk tsbPertumbuhan tunas dan cabang juga jadi lambat, begitu. !  Yang lebih parah  bunga ngambek  tak mau lagi muncul, begitu. !  Meski pemupukan rajin dilakukan  namun media tanam yang sudah ‘tua’  katakan saja lebih 2 tahun  membuatnya tak layak lagi mengolah nutrisi, begitu. !  Pendek kata  media tanamnya sudah rusak, begitu. !  Jadi  dipupuk dengan pupuk apa saja dan sebanyak apa pun  tidak akan menyuburkan tanaman, begitu. !

Solusinya  media tanam itu perlu diganti, begitu. !  Lakukan repotting  ganti pot lama dengan pot baru  termasuk media tanamnya, begitu. !

Berikut cara melakukan repotting adenium :

1, begitu. !  Siapkan Pot Baru, begitu. !

Pilih pot baru dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan pot lama, begitu. !  Jangan lupa untuk memilih ‘pot bonsai’ agar bonggol adenium terlihat indah di atas media, begitu. !  Bentuk pot ada yang bundar  ada pula yang oval, begitu. !  Perhatikan jarak antara bibir pot dengan pangkal batang  yang ideal sekitar 8 – 10 cm, begitu. !  Dengan jarak selebar itu  di samping gerakan akar lebih leluasa  juga lebih indah dipandang, begitu. !

2, begitu. !  Ganti Media Tanam, begitu. !

Adenium termasuk tanaman zerofit, begitu. !  Artinya  cocok hidup di daerah kering, begitu. !  Untuk itu  ia membutuhkan media yang berongga (porous), begitu. !  Itu berarti  adenium tak menyenangi media yang kuat mengikat air, begitu. !  Bisa-bisa akarnya malah membusuk, begitu. !  Jadi  gunakan media porous antara lain cocopeat (serbuk sabut kelapa)  arang sekam padi  pasir kasar  pecahan arang kayu  pecahan batu apung  dan pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang, begitu. !  Tersedia sekurang-kurangnya 3 pilihan media sebagai berikut : (a) Campuran pecahan batu apung berdiameter 0 25-0 50 cm  lalu arang sekam  dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1  (b) Campuran pasir kasar  arang sekam  dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1; dan (c) Campuran pasir kasar  cocopeat dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1, begitu. !

Jangan lupa  dasar pot diberi arang kayu kira-kira seperempat tinggi pot agar air tidak mampat, begitu. !  Barulah kemudian media tanam dimasukkan ke dalam pot baru hingga memenuhi setengah dari tinggi pot, begitu. !

3, begitu. !  Keluarkan dari Pot Lama

Keluarkan tanaman adenium dari dalam pot lama, begitu. !  Caranya  siramlah tanaman  lalu dinding pot diketuk-ketuk melingkar, begitu. !  Setelah itu  jungkirkan posisinya sembari menahan tanaman, begitu. !  Yang penting  jaga jangan sampai tanaman rusak  misalnya akar terputus, begitu. !

Siram akar-akarnya hingga tanah yang menempel jadi larut, begitu. !  Lalu  potong akar-akar yang sudah tua  tapi sisakan sekitar 2 – 3 cm, begitu. !  Gunakan gunting tajam agar tidak mengotak jaringan akarnya, begitu. !

4, begitu. !  Rendam Pestisida

Akar yang sebagian dipotong  tentu akan meninmbulkan luka, begitu. !  Dari luka itulah ada kemungkinan akan memicu tumbuhnya jamur, begitu. !  Jadi  bagian akar dan bonggol tanaman tersebut direndam dalam pestisida guna menolak datangnya jamur, begitu. !  Misalnya dengan pestisida Agrimex  Mansote  atau Dagonil, begitu. !  Perendaman cukup 15 menit, begitu. !

5, begitu. !  Tanam Pot Baru

Sesudah direndam pestisida  batang adenium diangkat  lantas dimasukkan ke dalam pot baru yang telah disiapkan, begitu. !  Tutup dengan media tanam yang masih tersisa hingga setinggi leher pot, begitu. !  Berikutnya  tanaman adenium disiram air bersih, begitu. !

Usai repotting  tanaman adenium sebaiknya diletakkan di tempat teduh dan terlindung dari hujan, begitu. !  Pasalnya  adenium yang baru direpotting biasanya cukup rentan terhadap perubahan cuaca, begitu. !  Setelah sekitar 2 minggu  adenium boleh diletakkan di tempat yang terbuka atau panas, begitu. !

Diposkan oleh Tentang Tanaman Hias di 04, begitu. ! 33 3 komentar:

Tanaman Anthurium

Anthurium adalah tanaman hias tropis  memiliki daya tarik tinggi sebagai penghias ruangan  karena bentuk daun dan bunganya yang indah  Anthurium yang berdaun indah adalah asli Indonesia  sedangkan yang untuk bunga potong berasal dari Eropa, begitu. !

Di Indonesia tidak kurang terdapat 7 jenis anthurium  yaitu Anthurium cyrstalinum (kuping gajah)  Anthurium pedatoradiatum (wali songo)  Anthurium andreanum  Anthurium rafidooa  Anthurium hibridum (lidah gajah)  Anthurium makrolobum dan Anthurium scherzerianum, begitu. !

Perbanyakan

Anthurium dapat diperbanyak dengan 2 cara  yaitu generatif (biji) dan vegetatif (stek), begitu. !

1, begitu. !  Perbanyakan dengan cara generatif (biji)

Tanaman anthurium memiliki 2 macam bunga (Gambar 1) yaitu bunga jantan dan bunga betina, begitu. !  Bunga jantan ditandai oleh adanya benang sari  sedangkan bunga betina ditandai oleh adanya lendir, begitu. !  Biji diperoleh dengan menyilangkan bunga jantan dan bunga betina, begitu. !

Dengan menggunakan jentik  bunga sari diambil dan dioleskan sampai rata di bagian lendir pada bunga betina, begitu. !  Sekitar 2 bulan kemudian  bunga yang dihasilkan sudah masak  di dalamnya terdapat banyak biji anthurium, begitu. !  Biji-biji tersebut di kupas  dicuci sampai bersih dan diangin-anginkan  kemudian ditabur pada medium tanah halus, begitu. !  Persemaian ditempatkan pada kondisi lembab dan selalu disiram, begitu. !

 

2, begitu. !  Perbanyakan dengan cara vegetatif (stek)

Ada 2 cara perbanyakan secara vegetatif  yaitu stek batang dan stek mata tunas, begitu. !  Cara perbanyakan dengan stek batang adalah memotong bagian atas tanaman (batang) dengan menyertakan 1 – 3 akar  bagian atas tanaman ‘yang telah dipotong kemudian ditanam  pada medium tumbuh yang telah disiapkan, begitu. !  Sebaliknya perbanyakan dengan mata tunas adalah mengambil satu mata pada cabang  kemudian menanam mata tunas pada medium tumbuh yang telah disiapkan, begitu. !

Penyiapan Medium Tumbuh

Berdasarkan kegunaannya  medium tumbuh dibagi menjadi 2 macam  yaitu medium tumbuh untuk persemaian dan untuk tanaman dewasa, begitu. !  Medium tumbuh terdiri dari campuran humus  pupuk kandang dan pasir kali, begitu. !  Humus atau tanah hutan dan pupuk kandang yang sudah jadi di ayak dengan ukuran ayakan 1 cm  sedangkan pasir kali di ayak dengan ukuran ayakan 3 mm, begitu. !

Humus  pupuk kandang dan pasir kali yang telah di ayak  dicampur dengan perbandingan 5 : 5 : 2, begitu. !  Untuk persemaian  medium tumbuh perlu disterilkan dengan cara mengukus selama satu jam, begitu. !

Penyiapan Pot

Untuk menanam bunga anthurium  dapat digunakan pot tanah  pot plastik atau pot straso, begitu. !  Pot yang paling baik adalah pot tanah karena memiliki banyak pori-pori yang dapat meresap udara dari luar pot, begitu. !  Apabila digunakan pot yang masih baru  pot perlu direndam dalam air selama 10 menit, begitu. !  Bagian bawah pot diberi pecahan genting/pot yang melengkung  kemudian di atasnya diberi pecahan batu merah setebal 1/4 tinggi pot, begitu. !  Medium tumbuh berupa campuran humus  pupuk kandang dan pasir kali dimasukkan dalam pot

Pemeliharaan

Setelah tanam  tanaman dipelihara dengan menyiram 1 – 2 kali sehari, begitu. !  Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit  dipotong agar tanaman tampak bersih dan menarik, begitu. !  Sebaiknya tanaman ini dipelihara di tempat teduh karena tanaman tidak tahan sinar matahari langsung, begitu. !

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Tanaman Gelombang Cinta Yang Tumbuh Baik di Atas Rumah

PANEN ASIRI BERKAT LEMAK SAPI TIGA LEMAK

Mari bertanam tanaman organik

ANTS & COCROACHES ELIMINARE PEMBASMI SEMUT DAN KECOA

Bonsai dan Bagaimana Perkembangannya

Meneliti dan Mencermati Dosis Aman Graviola