bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Adenium
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Membenamkan 1—2 cm dalam m Letakkan bibit di tempat terlinc Perawatan selanjutnya hanya menyr setiap 7—10 hari. Sebelum akar di permukaan bawah sucker pupuk diberikan. Anakan mulai berakar setelah 4 b_. Namun Soetjipto membiarkan bibit lebih lama di pembibitan. Agar kete: hara terpenuhi ia menaburi pupuk s release seperti Dekastar atau Grow im sebanyak 1/4 sendokteh lalu disiram air Enam bulan kemudian 1/3 me: bagian atas dikurangi. Ganti dengan mec baru berupa campuran sejenis. Ketika aka sudah banyak sepanjang 5—6 cm. diganti dengan yang lebih beflr. Pada itu daun belum terbentuk karega berbaha bagi kelangsungan hidup. Jtu lanta untuk membentuk daun ia m|mbutuhkat nutrisi.

Kasus serupa juga dialami pekebun adenium di Jakarta. Seluruh tanaman luluh-lantak diganyang nurut Frans I -_-adikusumah pemilik Gama Cactus 1 : :Tiarang hampir 90% hama adenium fcrrra kehadiran tungau itu. Gejala serangan wama daun pucat dan k _ lalu berubah cokelat. Tak lama fcc -dian daun rontok satu per satu hingga I in rol. “Perkembangbiakan tungau sangat i Kalau pekebun tidak waspada “Tpo 1—2 minggu saja seluruh kebun lab s.” ujamya. Bagai kerakap tumbuh di batu; hidup s .in mati tak mau. Begitulah nasib -adenium ketika diserang si laba-laba -itah. Pasalnya famili Tetranychidae itu ingisap hara yang seharusnya dimasak. Akibatnya proses fotosintesis i-ganggu sehingga kondisi tanaman tidak pada Ukuran tungau sangat kecil. rhadirannya bisa diketahui di bawah :ijn. “Bila diamati secara teliti ada . .iput tipis mirip sarang laba-laba” ucap .ah i ran 1975 itu. Celakanya hampir ;mua daun adenium berbulu. Ordo -.:arina itu pun bisa leluasa ngumpet di ralik daun. Menurut Frans adenium jenis black -ubby paling tahan serangan tungau. Daunnya tebal dan tidak berbulu favangnya ia kurang digemari hobiis intaran bentuk bunga kurang menarik dan ‘erwarna merah. Konsumen lebih nenyukai adenium berbunga merah muda itau putih.

Ny Subandi hobiis di Semarang Jawa Tengah kaget melihat adenium koleksinya merana. Tanaman yang seminggu lalu masih segar bugar kini gundul. Tak satu pun daun tersisa di cabang dan ranting. Beberapa kuncup bunga pun urung mekar dan berguguran. tungau menempel pada tanaman baru yang dibeli. Hobiis harus mengisolasikan tanaman baru terlebih dulu di tempat lain. Dengan begitu kehadiran tungau dapat dideteksi sejak dini. Setelah kondisinya aman tanaman boleh dicampur dengan yang lain.
Kendati tanaman sudah dirawat dengan baik bukan berarti luput dari incaran spider myte. “Tungau dari kebun lain bisa pindah ke tanaman Anda. Kita kan tidak tahu kondisi dan perawatan mereka” ucap pria yang serius menekuni kaktus sejak 1987 itu. Umumnya hobiis memberantas tungau dengan insektisida seperti Supracide atau Decis. Namun daya kerja obat itu hanya bertahan selama beberapa hari. Seminggu kemudian tungau muncul kembali. Meskipun penyemprotan dosis tinggi tungau tetap hidup.

CARA CEGAH
Menurut Frans siklus hidup tungau berbeda dengan serangga. Wajar bila ia kebal insektisida. Obat yang manjur dengan menggunakan akarisida seperti Kelthane atau Omnite. Dosis pemakaian cukup 1—2 cc/1 aplikasi selama 3 kali setiap minggu. Untuk mencegah tungau menyebar tanaman terserang sebaiknya dikarantinakan terlebih dulu. Pasalnya laba- laba-kecil itu cukup pintar. tanaman disemprot ia pindah dan bersem-bunyi ke tanaman lain. Oleh karena itu penyemprotan pertama dilakukan ke seluruh tanaman yang ada di kebun tak terkecuali rumput. Seminggu kemudian hanya tanaman sakit saja yang disemprot. Perlakuan diulang pada minggu berikutnya. Agar efektif penyem-protan dilakukan pagi atau sore hari. Begitu kondisi tanaman pulih dapat dipindah ke tempat semula. Untukmerangsang pembentukan daun dan bunga berikan Osmocote Dekastar atau Gandasil. Aturan pemakaian sesuaikan petunjuk di label kemasan. Untuk mencegah spider myte muncul kembali penyemprotan akarisida diulang setiap bulan.

CYMBIDIUM BIAK JUARA DI SELANDIA BARU
Kombinasi bunga pink kecokelatan dan lidah berbintik merah bukanlah penghasil cymbidium. Ternyata sang memang bukan kelahiran Biak tetapi Selandia Baru. Biak menyisihkan puluhan anggrek sejenis di kontes “Orchids are International” di Auckland pada penghujung 2002 Ia mengalahkan tom thumb calliope asai India yang banyak menarik minat pengunjung. Biak hanya asor oleh mushroom gold milik Leroy Orchids Nurseri di Selandia Baru. Ia tampil semarak dengan tangkai penuh bunga. Cymbidium mendominasi arena lomba di Mt Albert WAR Memorial hall. Leroy Orchids misalnya memajang 10 pot mushroom gold sehingga tercipta lautan kuning di dalam. J & B Orchids nurseri asai Bombai India memajang puluhan koleksi beragam warna. Nurseri lain memamerkan deretan mainsream ‘hurrah’ berbunga merah. Yang dipamerkan secara individual pun rata-rata menarik. Contoh cymbidium cabernet noel wilson. Anggrek milik ketua PAI-nya Selandia Baru itu berwarna kecubung dengan tepi putih. Tangkainya pendek tetapi jumlah bunga sampai 20 kuntum per tangkai. Ia lebih pas menjadi bunga meja. Yang juga mini ialah cymbidium dr baker ‘bewitched’. Anggrek meja itu berwarna cokelat gelap sehingga kontras dengan daunnya yang hijau.

KOMERSIAL
Majunya cymbidium di Selandia Baru tidak lepas dari kesesuaian iklim. Di sana ‘«w BIMO sang juara Biak juara II diduga induknya dari ada daerah tidak mengalami musim c. tidak terlalu parah. Misal Aucl. Christchurch dan Wellington. Seba: sinar matahari juga tidak terik. ap masih banyak pohon tinggi di sea.. negeri. Di sanalah surga cymbidium. Buktinya anggrek introduks: berkembang baik bahkan lebih ba: daripada di tempat asalnya. Ambil con Cymbidium pumilum asai Asia \ kerap menjadi induk silangan. Na. populemya cymbidium floribundum. Negara di selatan Australia mengekslpor cymbidium ke Ameril Eropa Jepang dan Korea. Di sar cymbidium dipasarkan sebagai bun. pot bunga potong atau korsas’ Harganya US$10 per dos @ 10 kunt Di negeri asalnya hanya NZ$5. Namun Belanda selangkah lebih mi . dibandingkan negeri berlambang bur kiwi itu. Pada Floriade 2002 Belanc menampilkan cymbidium berkuntum leb: banyak. Hasil budidaya negeri kincir ans itu kini bisa dinikmati di Indonesia. SaL satu gerai di Pasar Bunga Barit* memajangnya. Satu tangkai digelayuti. kuntum bunga. Tiap kuntum dijua Rpl5.000 sehingga 1 tangkai bernila Rp375.000. Di Indonesia cymbidium beluml dibudidayakan secara serius. Di Ciboda- seorang pekebun menanamnya pad: lahan sempit dengan populasi hanv^ puluhan tanaman. Tangkai yan£ dihasilkan hanya 30 cm digelayuti 8 kuntum. Sosok cymbidium seperti itu di Selandia Baru dan Belanda pasti tidak masuk hitungan. Namun di sini ia telah masuk jajaran bunga elit karena harganya Rp5.000/kuntum atau Rp40.000/tangkai.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Adenium

DI DATARAN RENDAH CATTLEYA BERBUNGA

SAWO DUREN HABIS DISERBU DI POHON

BUDIDAYA SEMANGKA

ANEKA MACAM HERBAL DAN MANFAATNYA

BUDIDAYA CROWNTAIL GUPPY