bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Anggrek juara juaranya anggrek
Filed: Blog
Advertisement
loading...

ANGGREK MUTASI JADI JAWARA
Baru dendrobium cantik” puji Kheissye Manuputty menunjuk sanayao var. Ayub. Splash kecokelatan di pinggir petal membuat biiiggrek milik Ayub S. Parnata itu tampil beda. Ia menyandang gelar terbaik di kelas dendrobium pada Orchid Show 2002 di Usai kontes 10 mania anggrek langsung menyerbu Ayub S. Parnata meminta anggreknya. s.anayao mutan itu banyak yang -enawar dari Rp200.000—Rp800.000. ~ipi berapapun harga yang ditawarkan –r- a tak akan lepas” paparnya. Kanayao ‘u memang hanya satu-satunya. Ia -uncul sebagai anggrek mutasi. Jadi ‘belum tentu dari 1.000 anggrek keluar onayao mutan. Setahun lalu Ayub memperoleh kanayao dari kavling 17 Taman Anggrek Indonesia Permai (TAIP). Ia disodori kanayao mutan oleh Nurhadi. Ketika itu sudah nongol 5 bunga. “Splash kecokelatan itu membuat saya jatuh cinta” Daun variegata harga Rp250.000/potSosok kanayao mutan berbeda dengan rekan-rekannya. Wama dasar petal kuning dengan splash kecokelatan di pinggir; Kanayao asli petal cokelat tua tanpa splash. Anggrek asai Bangkok itu ternyata tidak tahan hawa dingin. Mulanya Ayub memajang kanayao di Cikole Lembang. Enam bulan kemudian bunga-bunga yang ada layu bulb tidak mau besar dan malas berbunga. Sang pemilik segera memindahkannya ke Subang yang lebih panas. Sebulan di sana kanayao berbunga kembali. “Malah bunganya lebih ramai. Dalam waktu 6 bulan 2 tangkai marak bunga” ujar Ayub. Rahasianya dua hari sekali disemprot super topsoil dosis 2 ml/ liter. Dalam kondisi prima itulah Ayub lantas mengikutsertakan pada kontes di Yogyakarta.

DAUN MUTASI
Kasus mutasi tidak hanya terjadi di pinggir petal tetapi juga di tengah bunga. Pada anggrek bulan wama merah lebih gelap dengan splash putih di tengah. Tidak hanya splash tetapi bisa juga ceplok yang nangkring di tengah petal atau bintik- bintik. Tapi apapun bentuknya tetap menambah nilai jual. “Pokoknya begitu nemu anggrek mutan lakunya cepat” ujar Merry. Selain bunga mutasi dapat terjadi di daun. Di pinggir atau tengah daun muncul garis kuning atau merah. “Daun bergaris ini lebih sering terjadi dibanding bunga” ujar Ayub. Di setiap pengiriman pasti ada satu daun variegata. Harganya juga beda dengan daun polos. Harga anggrek jepang dengan daun bergaris kuning di pinggir mencapai Rp250.000/pot tinggi 5 cm. Dengan ukuran sama harganya cuma Rp5.000/pot. tutur Ayub kolektor dan pedagang anggrek. Tanpa tawar menawar Rp 150.000 langsung dibayar agar dapat memboyong anggrek itu ke Cikole Lembang.

BONGGOL DAN GULMA LEBIH BERGAYA
Ingat kepang pachira yang sempat ngetren pada axval 1990-an ? Kreasi asal Taiwan itu juga mar a Cina daratan. Di sana para hobiis memang gemar mengutak-atik beragam tanaman. Putri malu ya n r Indonesia gulma disulap menjadi topiari cantik. Kreasi lain boneka antik dari bonggol pakis ha;: Mereka cocok sebagai penghias meja atau tanaman indoor di sudut ruangan. Gulma pun tampil cantik Guangzhou Flower Exposition Park pilihan tepat untuk para penggemar tanaman hias yang ingin berbelanja. Di pusat penjualan di kawasan Huang Chun Guangzhou ibukota Guangdong Cina Selatan itu berkumpul puluhan nurseri. Masing- masing memamerkan tanaman andalan. Lihat saja boneka bonggol pakis haji di gerai terdepan. Bonggol Cycas rumpii seukuran bola bekel ditata tunggal atau berpasangan dalam pot-pot keramik. Lalu Gerai itu juga memajang u Stephania viridiflavens dalam pot ker besar. Ia sebenarnya tanaman merarr. dengan daun berbentuk hati. Namun i berbentuk bulat tak beraturan yang diiaa dalam pot tak kalah cantik. Masyar – i Tionghoa memanfaatkannya seba: hiasan taman layaknya bonsai. Penampilan umbi dengan permukii: seperti tanah retak itu mirip batu tar hidup. Pada musim dingin ia dorrr.i- begitu musim panas tiba tunas baru munc _ kembali. Seperti pakis haji ia tumbL- lamban. Umbi berukuran 50 cm bar. dicapai setelah berumur 50 tahu’ Masyarakat di Provinsi Guangxi das Yunnan banyak memanfaatkan um: tanaman berjuluk kura-kura gunung itu sebagai obat tradisional. Rajangan kerir. yang diseduh cocok untuk mengobati sak: perut. Kreasi lain topiari putri malu Sebatang putri malu ditumbuhkan d: tengah-tengah pot. Sulur-sulurnya kemudian dirambatkan pada rangka bes: berbentuk bulat. Semakin banyak sulur topiari kian viridiflavens dari obat jadi tanaman bias piramida hemat lahan dan menarik Boneka antik dari bonggol pakis haji rrola. Namun Mimosa pudica itu juga melihat pilinan Pachira aquatica yang sempat populer di Indonesia. Ia tampil menarik dengan pita berwarna merah. Yang juga dipilih adalah Cordilyn fructicosa. Sosoknya mirip hanjuang tapi lebih kecil. Sepuluh kordilin ditanam di sepanjang lingkaran bibir pot. Batang lalu dianyam melingkar membentuk bilik renggang setinggi 30 cm. Setelah itu barulah daun berwarna hijau tua berpadu merah dibiarkan muncul. Kreativitas para pecinta tanaman hias Cina tak hanya itu. Salah satu gerai khusus tanaman hias gantung menata beragam tanaman dalam rak berbentuk piramida. Selain menarik dengan model itu jumlah tanaman yang ditata lebih banyak.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Anggrek juara juaranya anggrek

BERCAK KUNING PADA TANAMAN ANTHURIUM PERLU DIWASPADAI

CARA MEMBUAT KANDANG CACING TANAH

BUDIDAYA BUAH SAWO

ANEKA MACAM HERBAL DAN MANFAATNYA

RUMPUT-RUMPUTAN DAPAT MENJADI BAHAN BAKU BIOETANOL