bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Arwana yang tidak mau mengerami telurnya
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Saya memiliki sepasang arwana golden red berumur 11 tahun. Tanda-tanda kelamin yang saya ketahui kumis pejantan lebih panjang dan warna sisik ngejreng dibanding betina. Ikan tersebut sudah 6 kali bertelur. Setiap Februari—Maret sebanyak 60 butir, berwarna oranye, dan berdiameter 1,5 cm. Saat memijah ditandai jantan dan betina berenang beriringan. Kemudian pejantan menggetarkan tubuh dengan keras. Sayangnya, telur tidak dierami pejantan sehingga berserakan di dasar akuarium. Mengapa pejantan tidak mau mengerami telur di mulutnya? Ir Gunawan Sabar, Jl. Bhayangkara 22 Mojokerto, Jawa Timur.

Ada 2 penyebab telur tidak dierami, yaitu kedua ikan kemungkinan berkelamin betina atau stres. Hingga saat ini belum ada penangkar yang bisa menentukan jenis kelamin arwana secara akurat. Pengalaman peternak menunjukkan tubuh. pejantan lebih panjang. ramping, kepala besar, mulut agak lebar. sirip dada panjang, dan sirip punggung sempit. Sedangkan betina bertubuh lebih pendek, lebar, dan agak gemuk.

Kepala meruncing dengan mulut agak kecil, sirip dada pendek, dan sirip punggung melebar. Pasangan yang sudah berjodoh memang kerap berenang secara beriringan. Biasanya betina akan mengeluarkan telur, lalu jantan menyemprotkan sperma. Telur yang sudah dibuahi disimpan di mulut pejantan. Pisahkan jantan dan betina sementara waktu.Agar tidak stres selama proses pemijahan, akuarium ditutup kain atau kertas gelap. Jangan sekali-kali mengintip akuarium. Sebab, jika ikan stres akan memakan telur. Cara lain pijahkan kedua ikan di bak kolam berukuran 4 m x 3 x 1 m. Produksi Itik Petelur Saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai itik petelur :

Berapa produksi telur itik alabio dan CV 2000?
Apakah rontok bulu berpengaruh produksi telur CV 2000?
Dimana mendapatkan bibitnya?
Teguh Darmawan, Jl Pangeran Natakusuma Gg Rajawali No 2 Pontianak, Kalimantan Barat 78116

Suyono
Itik alabio dan CV 2000 merupakan petelur yang baik. Produksi telur mencapai 275 butir/tahun. Keduanya bertelur pada umur 21 minggu dengan masa bertelur 8—10 bulan/tahun. Setelah itik berumur 3,5 tahun baru diafkir. Rontok bulu bisa menurunkan produksi hingga 25%. Sebaiknya itik istirahat selama 1 bulan dengan diberi pakan dedak. Setelah kondisi pulih, itik kembali bertelur. Bibit CV 2000 bisa didapatkan di Balai Penelitian Ternak, Ciawi, Bogor

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Arwana yang tidak mau mengerami telurnya

CARA PACKING CACING JIKA DI EKSPORT

Si mini itu tampil dengan warna- warna ngejreng merah

RED MAGENTA MEMILIKI EKOR MAHKOTA

Kamus Istilah Pertanian

Bonsai dan Bagaimana Perkembangannya