bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Bagi pekebun anggota famili siciadaceae itu tak sulit dipasarkan
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Citrus medica var buddhas’s hand itu tampil atraktif dalam pot keramik khas Cina. Empat buah kuning terang berbentuk jari setengah menggenggam menggelayutinya. Lantaran bentuknya itu ia dijuluki jeruk jari budha. Kehadiran tabulampot setinggi 75 cm itu menjadi pusat perhatian pengunjung Guangzhou Flower Exposition Park di Provinsi Guangdong. Cina. Buah hiang-i segar jadi persembahan deiva; kulit kering untuk obat tradisional. biaya operasional yang nhanyaRp500.000per2 tahun. si kebun itu 9—10 ton per : ioamya. Karena tak ingin repot tan ia pun memborongkan ke _ Tahun lalu pengijon membayar 0-juta untuk sekali tebas merawat intensif seperti kebun Biar di Thailand pun ada. Misalnya P2AR di Kabupaten Langkat hun pertama setiap pohon ocot jatah 2—5 kg pupuk kandang I >:g NPK. Tahun berikutnya dosis titan menjadi 5—10 kg pupuk ac g. 04 kg NPK. Insektisida disemprot setiap 3 bulan jirtiindar serangan ulat kantung ulat x>_ dan belalang. Wajar kalau pohon produktivitas tinggi. Rata-rata setiap berumur 4 tahun menghasilkan banyak.

Bagi pekebun anggota famili siciadaceae itu tak sulit dipasarkan. pekebun di Desa Ciangsana Lscamatan Gunung Putri Kabupaten 3.:gor. “Masih pentil saja sudah ada ogkulak yang melirik” papar H. Sa’ih. _ 3k perlu repot-repot memanen karena : i itu berbuah sudah ada pengepul Bienyambangi. Pohon berumur 15 tahun Ifexu ditebas Rp 150.000—Rp300.000tergantung jumlah buah. Meski demikian Sa’ih memilih menjual eceran seharga Rp2.500—Rp3.000/ikat. Di Banyuwangi Sainoto Waruyo memilih menenderkan panen di kebun 93 ha. Pasalnya banyak broker alias calo berebut memetik buah di kebun yang ditanam sejak 1989 itu. “Yang menang langsung membawa kontainer ke kebun saat panen” tutur Sainoto. Produksi sekitar 1.900 pohon rambutan binjai di lahan 50 ha mencapai 150 ton buah per musim. Harga binjai rata-rata Rpl.750/kg. Pengepul kecil dan besar pun ikut kecipratan manisnya binjai. Pengepul di Blitar membawa rambutan ke luar kota seperti Kediri Malang Surabaya Banyuwangi. Jember Jakarta dan Lampung. Bahkan hingga Kalimantan Timur.

Di tempat tujuan embel-embel binjai talun atau binjai bajang jaminan dagangan cepat laku. Dari berbagai sentra saat panen raya rata-rata pengepul membeli Rp 1.000—Rp 1.500 per kg. Di tingkat konsumen harga melambung hingga Rp2.000—Rp5.000 per kg tergantung kesegaran rambutan. Maraknya penanaman rambutan binjai juga berarti rezeki buat para penangkar. Soetadi penangkar bibit di Kecamatan Talun misalnya. Ia membuat 2.000 bibit binjai setiap tahun ukuran 50 cm 75 cm dan 100 cm. Pada 2001 harga masing- masing minimal Rp5.000 Rp7.500 dan RplO.OOO. Bibit itu tidak hanya dijual Kemasan ekspor ala Thailand atasi rambutan hitam lokal tapi untuk memenuhi pesanan dari daerah lain seperti Jember Yogyakarta dan Samarinda. Hal serupa dialami Lulu dan Ramly penangkar rambutan di Cariu Jonggol Kabupaten Bogor. Ekspor terbuka Beragam jenis rambutan seperti aceh lebak parakan binjai hingga rapiay memang menjadi buruan eksportir. Merejfa rata-rata membeli Rp4.500/kg Jtari pemasok di sentra-sentra produksi. Di mancanegara sekilo rambutan segar dihargai US$4.

Gudang PT Kertosari Gemilang (KG) lebih sibuk daripada biasanya begitu musim rambutan tiba. “Buyers mancanegara melayangkan pesanan jika di sini musim rambutan” papar Ir Budi Mulyono direktur KG. Timur Tengah dan Eropa masing-masing meminta 2—3 ton per sekali kirim 1—2 kali seminggu. Sayang perusahaan itu hanya sanggup memenuhi separuh dari total permintaan itu. Padahal beberapa sentra rambutan di Banten Subang Medan dan Pekanbaru sudah disambangi. PT Agroindo Usahajaya eksportir buah di Jakarta pun kelimpungan memenuhi pesanan rambutan segar. Kebutuhan 2—3 ton per sekali kirim ke Amsterdam Paris dan beberapa negara Timur Tengah hanya 1 ton yang bisa dipasok. Salah satu negera petro dolar Uni Emirat Arab malah tidak terlayani lantaran tak ada barang.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Bagi pekebun anggota famili siciadaceae itu tak sulit dipasarkan

AGROBUDIDAYA PERTANIAN 2016

Tetap Sehat Sepanjang Hari

MASA KRITIS BUDIDAYA BUAYA

PERTAMINA MENERIMA BERAPA PUN PASOKAN BIOETANOL

Buku pintar budidaya ternak walet