bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Beternak ayam sumatera
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Kiat sukses Beternak ayam sumatera dengan bantuan dari internet

Dalam pemeliharaan secara semi intensif ini nak ayam piaraannya tidak lagi dias bebas di kebunkebun orang mencari makan sendiri. Ayam sebut tetap dilepas tapi terbatas halaman yang cukup luas yang ayam Lokal Sumatera yang Murni Sudah Langka Tidak mudah menemukan ayam lokal asli Sumbar yang dikalangan penggemar ayam di negeri barat dikenal dengan sebutan The Sumatra Bantam. berpagar keliling dan diberi makanan secara tetap dan teratur. Makanan yang diberikan pun tidak perlu me wah seperti pellet pada ayam ras tapi cukup berupa makanan seperti dedak katul sisa dapur cincangan bayam dan berbagai makanan sisa lain yang bisa dimanfaatkan. Ternyata dengan usaha pemeliharaan serupa ini perkembangan ternak ayam Sumatera memang tidak begitu terkenal seperti halnya ayam kedu yang sekarang ngetop dan dianggap sebagai ayam kampung unggul.

Ayam ini memang belum pernah menjadi pokok pembicaraan di kalangan peternakan dan belum pernah ada peneliti yang tertarik melakukan pengamatan dan penyelidikan yang seksama secara ilmiah. Dengan dimandiakan lalu diasingkan dalam kandang tersendiri selama 3 hari. Sedang dari ayam betina keturunan silang antara ayam kampung biasa dengan pejantan Harco bisa menghasilkan 200 butir telur per tahun. Munawar memulai beternak ayam kampung dengan 4 ekor ayam dere (betina muda) yang dibelinya dengan baik sanggup bertelur ratarata 150 butir per tahun dan per butir beratnya 5055 gram. Tapi kebanyakan para penggemar ayam di Eropa dan Amerika memperlakukan ayam ini sebagai ayam hias karena sosok dan warna bulunya yang elok. Cantik dan Gagah Dipelihara sebagai ayam hias ayam sumatera memang tidak mengecewakan. Walau badannya kecil (bo bot ayam jantan dewasa hanya sekitar 2 kg) perawakannya tegap dan gagah. Ayam ini memiliki bentuk kepala kecil tapi pandangan matanya galak berapiapi. Tengkorak lebar pipi penuh kening tebal dan gelambir (pial) menggantung ke bawah. Paruh pendek kukuh warnanya hitam. Cuping telinga kecil warnanya hitam. Jengger berbentuk ercis kecil dan terdiri dari 3 bans. Warna kulit muka merah tapi ada juga yang berwarna hitam.

Kulit muka ditumbuhi bulubulu halus tapi agak jarang. Leher tidak begitu panjang tapi tegak lurus dan ditutupi bulu tebal. Bulu leher tidak menutupi bahu. Garis kepala di belakang kepala agak turun sedikit sehingga bentuk kepalanya jelas kelihatan. Punggung rata atau miring sedikit ke belakang tapi tak seberapa panjang. Bahu lebar dan sebanding dengan bentuk badannya. Dada lebar. Bulu pinggang lengkap tapi tak seterapa panjang dan tiap bulu berukuran agak lebar. Paha kuat jarak antara kedua paha cukup lebar. Kaki bersisik halus berwarna kehitaman. Tapi telapak kaki berwarna kuning. Bulu ekor banyak dan panjang tapi tidak sampai menyenseharga Rp. 5.00000 di pasar. Mu lamula memang dilepas bebas. Tapi setelah mendapat petunjuk dan pengarahan dari petugas Dinas Peternakan pekarangan sekeliling rumah dipagar bambu yang cukup rapat. Gunanya untuk mencegah ayarn berkeliaran keluar. Se lain itu ia juga membuatkan kandang untuk tidur ayam dewasa kandang pembesaran untuk anak butuh tanah. Warna bulu hitam berkelip kehijauan putih atau warna yang lain. Tiap bulu ekor berukuran lebar dan bergagang keras. Ayam betina lebih kecil dan lebih ringan dibanding ayam jantan. Bentuk kepala juga kecil. Tapi warna kulit muka jengger dan mata agak lebih kehitaman.

inilah tadi kiat sukses beternak ayam yaitu Beternak ayam sumatera

Sudah Tidak Asli Lagi Ayam sumatera tergolong ayam sabungan yang tangguh karena sifatanak ayam kandang tempat untuk bertelur dan mengeram kandang karantina untuk kan ayam yang sedang sakit. cara ini temak ayam Munawar berkembang menjadi 122 ekor in belum terhitung yang sudah jual dan hasil telurnya. Ratarata tiap anggota pok bisa menjual 50 butir telur. sifatnya yang garang dan pandarl berlaga. Sebelum kedudukannya desak oleh ayam bangkok ayam dulu banyak dipelihara orang di Ica7 pungkampung sebagai ayam aduar Menemukan ayam kampunq murni yang benarbenar ash sum tera sulit Sudah sangat jarang bab sudah banyak yang kawin sila dengan ayam bangkok ! tutur Gaza li Majid Kepala Dinas Peterna an Kabupaten Padang Pariaman ka ditemui Trubus. Hal ini juga dibenarkan oleh Abdullah salah seorang anggota kelompok yang memiliki temak ayam kampung sebanyak 90 ekor. Dan untuk mengikat kegotongroyongan antar anggota tiap malam Jum’at dilakukan arisan ayam. Da lam pertemuan ini dibahas berbagai masalah serta aneka kesulitan yang dihadapi anggota dibenarkan oleh Bachtiar Syam ahli ayam dan sekaligus ketua ke lompok tani petemak ayam buras Gelanggang dari desa Kampung Da lam Batihbatih kecamatan Perwakilan 2 x 11 Enam Lingkung kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat.

Ternyata ayam sumatera murni yang terdapat sekarang agak berbeda dengan yang disebutkan oleh J.F. Mohede. Ukuran tubuh masih tetap kecil jauh lebih kecil dari ayam keturunan silang antara ayam karnpung dengan ayam bangkok atau ayam kampung dengan ayam Harco. Berat ayam jago sumatera murni yang telah dewasa sekitar 2 kg sedang ayam be tina dewasa sekitar 1 kg. Ayam jantan memiliki bentuk yang agak pendek bulu ekor banyak dan panjang hampir menyentuh tanah. Tingkah lakunya gesit sulit dipelihara dalam halaman berpagar karena suka terbang melompat ke luar. Ini adalah persamaan fisik yang masih terdapat. Yang membedakan adalah bentuk jengger warna kulit muka paruh dan kaki. Jengger ayam sumatera yang ditemukan Trubus pada generasi sekarang bentuknya tunggal lebar dan tipis serta bergerigi nyata. Warna jengger kulit muka dan pial merah cerah. Paruh dan kaki warnanya putih. Di daerah asalnya sendiri ayam lokal ini sudah kurang disukai peternak. Karena pertumbuhannya yang lambat dan bentuk badannya yang kecil. Bila dijual sebagai ayam potong pastilah harganya akan sangat rendah.

omtanithumb

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Beternak ayam sumatera

FOSIL HIDUP DARI DASAR LAUT

Budidaya Buncis

Strategi sosialisasi untuk menunjang penemuan baru

Peluang Agribisnis Masih Terbuka Budidaya Terong Jepang Dan Sayursayuran Ekslusif

PELATIHAN TEKNOLOGI KULTUR JARINGAN