bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Budidaya burung kicau kian meraja
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Mahabharata BC:
Sarang Jagoan dari Barat Jakarta Tepuk tangan membahana ketika Hugeng naik ke atas panggung. Pria tegap itu dengan bangga mengangkat piala kehormatan atas kemenangan Mahabharata Bird Club (MBC) di kontes burung di lapangan Pluit, Jakarta Utara awai November 2002. Yakuza, murai andalan MBC menyabet gelar juara I. menonjol di lapangan harus didukung. Sebelum kontes kualitas burung harus dipantau. Burung dipilih berdasarkan penampilan terbaik ketika latihan. Setelah terpilih mereka mengadakan “rapat” kecil mengenai perawatan yang baik untuk sang jagoan. Keputusan membeli burung atau tidak pun dibicarakan dalam rapat.

Coba ternak
Pamor MBC di kancah kontes ocehan tidak lepas dari kerja keras Endy. Pria asai Jember, Jawa Timur, itu merintis usaha itu sejak 1998. Bahkan, di tangannya anis merah populer di Jakarta. Salah satunya Dermott yang diikutkan kontes di kelas campuran. Kendati hanya meraih juara Hingga akhir 2002 MBC 11 kali meraih gelar juara umum di berbagai lomba di Jakarta, Serang, Bogor, dan Tangerang. Belum pernah mereka pulang dengan tangan hampa. Selalu gelar terbaik yang diraih. Bahkan pada kontes di Pluit, 12 gelar juara satu dari 24 kelas yang diperlombakan disapu bersih. Tak berlebihan bila kalangan hobiis menilai Mahabharata klub burung paling menonjol saat ini.

Kunci sukses di lomba anggota harus kompak
MBC tak hanya kondang di seputar Jakarta, tapi sudah menasional. Kedatangannya selalu dinantikan peserta di setiap kontes. Tanpa kehadiran MBC persaingan dianggap kurang lengkap. “Lomba besar selalu kita ikuti. Apalagi kontes yang melibatkan burung-burung jagoan,” kata Endy Harjanto, ketua MBC. Saking seringnya menyabet juara, klub ini kerap dicap sebagai organisasi pecinta burung yang di dalamnya bercokol bos-bos. Namun, hal itu ditepis oleh Endy yang sibuk mengurusi impor tisu di PT Argapura Trading Co. “Anggota kita tidak semuanya bos, tapi memiliki nyali besar untuk membeli burung juara. Didukung pengalaman yang lama lahirlah burung- burung berprestasi,” tuturnya.

Solid
Saat ini anggota MBC sudah meluas di berbagai kota di Jawa Timur, Lampung, dan Riau. Alay dan Yundra, pemain andai di Pekanbaru, Riau, turut bergabung sejak setahun silam. Sementara di Lampung ada Pepen. “Alasan mereka ikut bergabung di Jakarta karena prestise. Bila mendapat juara, harga burung pun menjadi mahal,” kata Iwan Narpati ketika ditemui di farmnya di Kebunjeruk, Jakarta Barat. MBC bisa merajai kontes lantaran setiap anggota mempunyai unggulan. Endy umpamanya, mengandalkan anis kembang bernama Argapura, Garfiela, dan Rocker, blackthroat (Pegasus), kenari (Nokia 2001), dan tledekan (Spartacus). Sementara Hugeng menjagokan Meteor dan Yakuza (murai). Edi Sebayang memiliki branjangan bernama Superior. Trisula dan Ilalang merupakan murai andalan Budi Surya dan Heri I P. “Kekuatan kita pada murai. Hampir semua anggota mengoleksi murai jagoan. Pantas, Mahabharata identik dengan murai,” ujar Heri I P, humas MBC. Jenis lain yang hampir dimiliki oleh semua anggota adalah anis merah, branjangan, dan kacer.

Kunci keberhasilan MBC selalu ada pembagian tugas untuk setiap anggota ketika kontes. Misal, bila ada burung yang 8, banyak hobiis menaksirnya. Beberapa burung koleksi lain pun kerap juara. Salah satunya ia jual seharga Rp45-juta. Ia lantas berjumpa beberapa hobiis yang memiliki visi sama, seperti Budi Surya, Budi Krisnawan, Budi Kristanto, Budi Hartanto, Iwan Narpati, Heri I P, dan Bayu. Muncullah ide mendirikan bird club. Nama Mahabharata diambil dari kisah pewayangan. “Arti lain, Mahabharata merupakan sarang jagoan yang berkedudukan di barat Jakarta,” tutur Endy. Saat ini anggota MBC berjumlah 20 orang. Usia MBC masih muda, 17 Desember 2002 kemarin kelompok pencinta burung ocehan itu berumur 2 tahun. Di sela-sela kegiatan kontes, sebagian anggota mencoba menangkarkan. Beberapa jenis burung yang berhasil ditangkarkan ialah love bird, murai, cucak hijau, kacer, tledekan, dan decu.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Budidaya burung kicau kian meraja

BIOETANOL DI KABUPATEN LEBAK BANTEN.

Efisiensi panen yang menarik

Manfaat buah manggis Garcinia

Cabai rawit terpedas di Blitar

HERBAL AFIAFIT JINTEN HITAM