bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Budidaya tupai ternyata begitu membutuhkan kesabaran
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Penangkaran menyelamatkan populasi tupai gula di alam. Betapa bahagianya Afryan Thamrin melihat perut tupai gula betina koleksinya membesar. Tujuh bulan sejak memelihara tupai gula, pehobi asai Palembang, Sumatera Selatan, itu berhasrat menangkarkan. Afryan mulai khawatir ketika beberapa anggota keluarganya yang penasaran melihat tupai gula hamil bergantian mendekati kandang. “Saya khawatir si betina bunting menjadi stres,” katanya. Menurut penangkar tupai gula di Radiodalam, Jakarta Selatan, Suryo Adilaksono, tanda-tanda tupai gula buntingsebenarnya sulit diketahui. Apalagi bagi yang baru mengenal mamalia marsupialia itu. “Untuk memastikannya, raba perut si betina. Jika ada yang menonjol sebesar biji kacang hijau atau beras, itu berarti sedang hamil,” kata Suryo. Namun, terkadang yang teraba benjolan sendi kakinya. Oleh karena itu, perabaan harus berulang dengan saksama. Tupai gula jantan yang siap kawin ditandai dengan tanda pitak di kepala mendadak dan suasana ramai.

Kondisi dapat menyebabkan bingung dan stres,” kata Slamet. Saat merasa terteka maka insting liarnya bisa muncul, “la bsij menjadi kanibal dengan memakan anaknya sendiri,” kata Slamet. Oleh karena itu Slama menyarankan agar pehobi menempati kandang tupai bunting di lokasi yang yang nyaman, sepi, dan tanpa gangguan. Contohnya seperti dilakukan Survc la menempatkan kandang tupai gula bunting di ruang khusus, yakni sebuah kamar yang tidak terpakai. menempelkan kandang di dinding Cegah kanibal Pada April 2012, induk bern I melahirkan 1 ekor. Kekhawatira’ H akhirnya terbukti. “Induk betina STr; H yang sudah lahir dan menetap ia makan,” tutur Afryan. Suryo Adi ui menduga induk menjadi kanibai kai umur induk belum dewasa sehingga ad mental belum siap punya anak Tu:a J alias sugar glider jantan menjadi pada umur 4-12 bulan; betina, paca 6-18 bulan. Tanda jantan dewasa teial pitak di kepala.

Penyebab lain induk stress lingkungan tidak kondusif. Dari sehingga tupai gula milik Afryan sejatinya cuku: untuk mempunyai anak. “Betina 10 bulan, jantan umur setahun’ Afryan. Itu berarti kanibalisme terjadi kaf induk stres. Menurut drh Slamet Ra ahli satwa dari Universitas Gadjah-a lingkungan yang tak kondusif me-a menyebabkan tupai gula hamil stres. “Saat induk tupai gulai hamil, hindarkan dari getaran atau suara kera; Tempurung kelapa bisa menjadi tempat istirahat tupai gula Joey sebutan tupai gula di bawah umur 2 bulan kerap kali serangga di luar langka induk butuh waktu lama mengu, pakan. Saat itulah piyik yang k hebat menggerogoti sarang lapisan Drosophila Kisah itu kini sudah berlalu Hendra menyiapkan pakan tambaha dalam gedung walet ia menyiapkan tumbuh serangga berupa tepung ekstrak buah-buahan plus biang se lalat buah Drosophila melanogaster. H dalam 7 hari serangga dari ordo Dipte- beterbangan dalam gedung walet walet yang melihat anaknya kelapar? perlu ke luar sarang. la cukup makan serangga dalam gedung walet melolohkannya kepada piyik. “Karena langsung memperoleh maka piyik terhindar dari kelaparan Piyik pun tak sempat menyantap emas,” kata Albert. Menurut Ha pemilik rumah walet di Banja Kalimantan Selatan, pakan tambahan mempercepat pembuatan sarang se.r dipanen. Guratan putih-sebagai por sarang-mulai muncul 2 pekan pascapa- lazimnya 1 bulan. Menurut Suparlan, pemilik rumah di Bontang, Kalimantan Timur, pakan e! tetap berguna di daerah yang masih serangga. Itu karena di alam bebas wr mesti bersaing berburu serangga. “Kares A Pakan di luar rumah walet kian langka sehingga butuh pakan tambahan Dropsophila bertubuh lunak sehingga disukai piyik Seri Walet.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
tags:

Related Post Budidaya tupai ternyata begitu membutuhkan kesabaran

Sejuta telur dari Jogja

BUDIDAYA TANAMAN JAMUR MERANG

Penemuan bibit jagung berkualitas tinggi, Lamuru

PEMENANG PARADE PURING ADALAH OSQAR MILIK WINARTC ASAL SOLO

PERTUMBUHAN ARABICUM ASAL YAMAN