bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Cabai rawit terpedas di Blitar
Filed: Blog
Advertisement
loading...

“Wah, rasanya pedas sekali. Ngga cocok kalau dilalap dengan tempe atau tahu goreng. Untuk bikin sambal, pakai sedikit saja sudah cukup, tutur Wuryaningrum, AMd, ibu rumahtangga dan penyuluh pertanian di Kabupaten Blitar. Selain pedas, cabai rawit kathur tahan simpan. Capsicum frutescent varietas lokal itu banyak ditanam petani di seputaran kota koi itu. Ia tahan hama penyakit dan masa panen panjang. Wama buah kathur hijau waktu muda; masak, merah tua. Bila ditekan terasa keras karena jumlah biji sangat banyak. Kadar air rendah sehingga ia tahan simpan—12 hari setelah petik masih segar—dan pengangkutan jarak jauh. Karena buah tumbuh menjulang menantang langit (ngathur, Jawa, red) ia disebut cabai rawit kathur. Varietas lokal nonhibrida asai penyerbukan terbuka (OP, open pollinated, red) itu hasil pemurnian terus-menerus sejak 1982.

Adaptif
Tanaman kathur berupa perdu setinggi 60 70 cm. Bentuk kanopi kompak dengan banyak cabang mendatar. Ia mulai berbunga pada 25—30 hari setelah tanam (HST). Petani mulai panen pada 60 HST dan berlangsung hingga 14bulan. Hibrida, 8 bulan mati. “Malah kalau perawatan intensif masa panen lebih lama lagi,” tutur Sartono, pemulia kathur. Masa panen panjang menguntungkan petani karena bisa menikmati harga rendah dan tinggi. Di tingkat konsumen harga pernah mencapai Rp20.000 per kg di saat pasokan cabai rawit kosong. Potensi hasil 0,50— 0,75 kg per tanaman dengan 14.000 populasi per ha.

Meski berasal dari Blitar dengan ketinggian 240 m dpi, kathur adaptif untuk dataran tinggi. Sebaran penanaman mencapai Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Syarat tumbuhnya pH tanah 6—7, iklim hangat dan kering, suhu 18—30°C, serta intensitas cahaya matahari cukup. Kerabat terung itu dapat ditanam setiap saat. Namun, sebaiknya penanaman pada akhir musim penghujan dan awai musim kemarau agar tingkat keseragamai pertumbuhan tinggi. Penanaman paai kemarau tidak masalah sepanjang a:: tersedia. Kathur pun tahan perubahan cuaca ekstrim, misal pada musim kemarai tiba-tiba hujan. “Pada varietas hibrida b;>a menyebabkan kematian hingga 70%,1 tutur Hari Budi Harto, SP, penyuluh pad- Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian

Aphis
Kelebihan lain, cabai yang disebm japlak di Kediri itu tahan hama penyaki- Salah satunya Aphis gossypii yanc mengisap cairan tanaman hingga layu dani mati. Hama yang disebut cabo olefc masyarakat setempat itu juga vektor virus penyebab tanaman kerdil. Embun madL – yang dikeluarkan mengundang semut dan j: embun jelaga sehingga proses fotosintesii ! terganggu. Pada percobaan Sartono serangan hama itu menyebabkan kematian 100° t pada varietas hibrida bila tanpa perlakuan pestisida. Kematian kathur hanya 10%. Trubus melihat tanaman berumur 13 bulan yang sempat terserang masih produktif. Lantaran lebih tahan hama penyakit, petani bisa menekan biaya produksi hingga 2/3 bagian. Kalau pada rawit hibrida petani rutin menyemprot pestisida 2 kali seminggu, kathur 10 hari sekali. Frekuensi pemupukan lebih rendah 1 kali per bulan: hibrida 1 kali per minggu.

Kehadiran kathur memberi altematif buat petani. “Selama ini ketersediaan bibit cabai rawit masih terbatas di pasar,” tutur Ir Yohanes Sukoco, manajer pemasaran PT East West Seed Indonesia. Perusahaan benih berlokasi di Purwakarta itu baru memiliki 1 jenis hibrida lokal dan 2 jenis nonhibrida berwarna hijau dan putih. Cabai rawit hijau banyak ditanam petani- petani di Jawa Barat dan Sumatera; putih. Jawa Timur.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
tags:

Related Post Cabai rawit terpedas di Blitar

AROMA DAHSYAT PEMIKAT WALET!!!

RUMAH NYAMAR BUAT BUAYA BUAYA MEMBUAT SARANG SEBELUM BERTELUR.

Kapsul bawang lanang multiguna

Tanaman dewa dari ceko

ASMA