bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Cara membuat pupuk kompos dengan sampah
Filed: Blog
Advertisement
loading...

omtanithumb

Pengomposan Sampah Pasar dengan Cara Timbunan Sampah pasar banyak dibenci karena baunya yang tak sedap. Kenapa tidak dibuat kompos saja ? Tak perlu pakai mesin ! Cukup dicacah ditimbun lalu dibalik – balik. la akan berubah menjadi pupuk organik yang banyak dicari. Coin Bentuk timbunan sampah. Kanan hasil akhir berupa kompos mirip tanah berbentuk butiran butiran kecil. Bawah Kompos Jaya dibuat dari sampah pasar dengan timbunan.

Pembuatan kompos yang Pakan disajikan berikut ini adalah dengan cara timbun an yaitu sampah ditimbun di tempat terbuka tanpa atap. Semua kegiatan dalam pengomposan cara ini masih dilakukan dengan tangan (manual) sedang bahannya diambil dari sampah pasar. Pengomposan versi timbunan ini sudah lama dilakukan oleh Pabrik Kompos Jaya di Jakarta. Komposnya sudah banyak beredar dan dipakai oleh banyak petani.

Seleksi Sampah Sampah yang diangkut dari pasar masih banyak bercampur dengan plastik kaleng bekas kaca kayu kompos adalah bahan organik yang berasal dari sisa sisa tumbuhan seperti daun daunan jerami batang jagung alang alang dan rumput rumputan yang telah menjadi hancur dan lapuk. Kompos yang benar benar sudah masak bentuk dan warnanya sudah mirip tanah dan kalau dicium maka baunya juga seperti bau tanah. Kompos sering pula disebut pupuk organik. Jelas ini berbeda dengan pupuk anorganik seperti urea TSP dan KC1 yang kesohor dengan nama pupuk buatan itu. Pengaruh kompos terhadap tanah juga berbeda dengan pengaruh dari pupuk anorganik. Kompos lebih banyak berperan pada perbaikan sifatsifat fisik tanah sedang pupuk anorganik akan memperkaya mineral (hara) di dalam tanah. Pengaruh kompos terhadap tanah adalah sebagai berikut. Memperbaiki Struktur Tanah Tanah yang sepintas terlihat biasabiasa saja itu sebenarnya tersusun atas butiran butiran yang sangat kecil. Susunan itu yang dikenal dengan nama struktur tanah. Butiran akan menurunkan mutu kompos. Karena itu harus dibuang sedang yang dipilih untuk dikomposkan adalah sampah tanaman kotoran hewan kertas bekas kulit kayu sampah dapur serbuk gergaji dan endapan selokan. Pencacahan Sampah terpilih lalu dikumpulkan selanjutnya dicacah dengan parang menjadi potonganpotongan sependek 47 cm. Tujuan pencacahan adalah agar ukuran sampah seragam juga untuk memperluas permukaan total dari sampah. Keadaan demikian bisa mempercepat proses pengomposan nantinya. Sebab bidang kontak antara sampah dengan udara dan dengan bakteribakteri yang bekerja dalam proses pengomposan menjadi semakin besar. 4i& gam tulang dan bendabenda kasar lainnya. Bendabenda kasar tadi tidak boleh ada dalam pengomposan karena dapat menghambat proses dan ik isa n Biasanya lapisan pelarut.

Pengambilan dapat didengan serokan biasa yang at dari kain strimin. Balc kultur rotifera maupun ku lapat bertahan dalam waktu kup lama 2 bulan. Namun ieminggu sekali harus dilaku anambahan pupuk kandang znayakkan dalam karung yang dan ditenggelamkan dalam Cacing tidak berenang !. Untuk melindunginya dari sengatan matahari dan terlebih untuk memberikan suasana gelap di atas bak sebaiknya diberi tutup daun pisang. Kalau gerombolan cacing di dasar lumpur sudah terlihat banyak pemanenan sudah dapat dilakukan. Dengan menggunakan tangan kosong gerombolan cacing yang terasa lunak itu kita angkat dan bersihkan dari lumpur tempat mereka. Kultur jentik Nyamuk Membudidayakan jentik nyamuk berarti mempersiapkan tempat untuk memikat induk mereka agar mau bertelur. Tempat ini berupa bak berair Kultur Infus.

Agar rotifera tidak dimakAr cieh binatang dari luar yang tidak kita kehendaki pintu pemasukan air rautlak harus diberi saringan. Pembiakan Kutu Air Mengkultur kutu air tidak jauh berbeda dengan rotifera. Setelah dilakukan persiapan dan kolam sudah diisi air maka pada hari ketiga be1th daphnia boleh dimasukkan. Benih Daphnia dan Moina dapat dibeh pada toko penjual benih kutu air unrik Beternak Cacing Sutra – sutra dibiakkan dengan bak panjang atau terlebih dulu melapiszya aengan lumpur halus. Yang paling balk dengan menggunakan sampah yang terikut bersamanya sebab biasanya cacing ditangkap bersamasama dengan lumpur dan sisa pembongkaran bahan organik. Tebalnya cukup 5 cm. Selain itu juga dicampurkan pupuk kandang sebanyak 50 gram per meter persegi. Pupuk ini harus diaduk sehingga menjadi satu dengan lumpur. Ke dalam bak dimasukkan air yang mengalir pelanpelan dan merata ke seluruh permukaannya. Air ini untuk menjaga kesejukan menambah oksigen dan membuang sisa kotoran yang merugikan. Kemudian bibit cacing tubifex disebar rata. Bila persiapan kita co cok den gan kemauannya maka dalam jangka 2 hari akan terlihat cacing itu. Nyamuk yang ukurannya boleh 2 x 3 meter persegi 2 x 2 meter persegi atau 2 x 1 meter persegi. Kalau tidak ada bak semen boleh juga kolam tanah biasa.

Persiapannya sama persis dengan bak untuk kutu air. Diberi pupuk kandang dengan dosis 1 kg per meter persegi. Pupuk buatan tidak perlu. Kalau bisa usahakan agar bak nyamuk ini dekat dengan selokan atau comberan karena biasanya di tempat itu banyak berkeliaran nyamuk. Dalam 3 hari biasanya nyamuknyamuk sudah berdatangan. Dan tidak lebih dari seminggu jentikjentik yang genit (suka bergoyang) itu sudah dapat ditangkap. Penangkapan dilakukan dengan serokan biasa. Se belum diberikan kepada ikan sebaiknya dicuci dulu sampai bersih. Jika dirasakan nyamuknyamuk sudah berkurang hasil panennya maka pertanda pupuk harus diperbaharui lagi. Ada lagi yang menambahkan gedebok pisang yang clicacah sebagai pemikat induk nyamuk.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Cara membuat pupuk kompos dengan sampah

Wortel jumbo merah merona

CEGAH BURUNG HANTU MASUK RUMAH WALET

ITIK CIHATEUP JANGKUNG DAN BERLEHER JENJANG

OBAT HERBAL UNTUK SAKIT PERUT MAAG

Selama ini dawai biola terbuat dari bahan nilon.