bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Daun pengundang duit
Filed: Blog
Advertisement
loading...

DAUN-DAUN PENGUNDANG DUIT
“Itu kan tanaman kuburan, kakasoan, mam laku?” komentar bernada cemoohan itu kerap ditujukan kepada PT Pesona Daun Mas Asri (PDMA) lima tahun silam. Namun, perusahaan yang dikomandoi Bern i Tjia itu bergeming. Penanaman Dracaena sanderiana berlanjut hingga ribuan pohon. Kenekatannya berbuah manis. Ketika orang-orang kesulitan mendapat bambu rezeki, ia tinggal panen kebun. Selain bambu rezeki, PDMA juga menanam 11 jenis daun hias di lahan tertutup j aring net dan plastik. Calathea, anthurium kuping gajah, asparagus, philodendron xanadu, dan beberapa jenis dracaena dapat dijumpai di Desa Rulita, Ciawi, Bogor. Lahan terbukanya ditanami cordylin alias hanjuang merah dan hijau, Dracaena marginata, dan dracaena song of jamaika. Di kebun seluas 3 ha itu juga dikembangkan jenis-jenis baru, seperti Liriope muscari, sejenis ophiopogon. Biasanya rumput itu dipakai sebagai pengarah jalan di taman. Menyediakan aneka jenis tanaman hias daun kini jadi tuntutan pasar. Dahulu bahan baku rangkaian bunga itu terbatas pada Dracaena godseffiana ‘florida beauty’ dan milkyway’, leather leaf, ruskus, molucella, dan silver dollar. Pemakaiannya sangat sedikit sehingga tak ada yang berminat mengebunkan. Mereka hanya ditanam untuk memanfaatkan lahan kosong atau menyerap sisa pupuk.

TREN
Tren rangkaian bunga kemudian berubah. Daun-daunan mulai dipakai untuk menambah keindahan rangkaian, tidak sekadar penutup spons. Bahkan dengan penataan artistik, bouqet lebih eksklusif. Karena itu floris mencari daun-daun berbentuk unik. Mereka berani menggunakan daun tanaman Dracaena bambu jepang, lari ke Jepang eksklusif seperti philodendron, anthurium, dan sikas. Tren penggunaan daun itu direspon pekebun. Mereka berlomba menyajikan jenis baru, di antaranya kemuning, kaca piring, dan polyscias. Daun dari tanaman semak itu dipakai sebagai penutup dasar. Jenis herba seperti philo xanadu, selloum. dan liriope dipakai sebagai aksen. Daun- daun itu bentuknya menarik dan tahan lama, minimal 5 hari. Beberapa pekebun bunga potong ikut menanam dengan volume dan jenis terbatas. Misal Floribunda Nurseri. Produsen snapdragon di Cibodas itu menanam semikaktus dan paku-pakuan asai Malaysia di luar rumah plastik. Widjaja Orchid, nurseri di Sentul yang dulu hanya menanam bambu jepang.

Selain mengisi pasar dalam negeri, permintaan juga datang dari mancanegara. Di PDMA, penanaman florida beauty mencapai 70% dari total lahan. Daun kream kehij auan itu hampir 100% di ekspor ke Korea dan Jepang selama Januari Maret. Pada saat itu negara lain berhenti produksi lantaran musim dingin. Menurut Ricky Hadimulya, staf produksi PDMA, Jepang meminta 2.000 batang root cutting dengan syarat sehat, tanpa tanah, dan batang lurus. Pasar dalam negeri menyukai jenis hijau. Bambu rezeki white stripe juga andalan ekspor PDMA. Untuk memenuhi Philo selloum, membuat rangkaian lebih eksklusif permintaan, maka semua tanaman habis dipangkas. Batang kemudian dijalin atau dibentuk seperti pagoda. Singapura biasanya rutin meminta 1 kontainer berisi 200kepang. Satukepang membutuhkan 24 batang setinggi 45—50 cm. Jepang pun setiap tahun memesan cut leaf dan kepang. Menurut Kartini, staf PDMA permintaan dari luar negeri amat banyak. Sayangnya, pembeli sering mundur karena biaya pengangkutan mahal sekali. Untuk pasar lokal, selain Jakarta, pesanan dari Bandung cukup besar lantaran di sana jarang pekebun. Mereka memasok 1.000 batang per 2 minggu. Daun-daun itu kini naik pamornya. Penyebabnya karena harga cenderung stabil. Selain itu, biaya produksi rendah, dan tanaman relatif bandel.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
tags:

Related Post Daun pengundang duit

Minyak kayu putih pohon penghangat sejuta rejeki

PERMINTAAN JAGUNG MANIS MEDIUM

Cara Budidaya Lidah Mertua

ADENIUM YANG DIPELIHARA KURANG SINAR MATAHARI

Nila