bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Durian bianglala rasanya berlibat ganda
Filed: Blog
Advertisement
loading...

omtanithumb

Bianglala Berlipat Ganda “Rp2-juta.” Panca Jarot Santoso asai sebut harga bibit durian pelangi. Panca Jarot Santoso, peneliti durian di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika itu hanya memiliki 20 bibit durian pelangi masing-masing setinggi 30 cm. Beberapa koleganya menghubungi Jarot untuk mendapatkan bibit durian eksotis dari Manokwari, Provinsi Papua Barat, itu. Jarot sejatinya enggan melepas koleksinya itu karena masih terbatas jumlahnya. Itulah sebabnya ia menyebut harga sekenanya. Namun, ternyata koleganya tak keberatan membayar Rp2-juta untuk sebuah bibit. Padahal, lazimnya harga sebuah bibit durian Rp20.000. Durian pelangi nan eksotis dengan warna daging buah paduan merah, kuning, dan jingga itu memang memikat para pehobi dan calon pekebun. Sayangnya, ketersediaan bibit pelangi di pasaran masih sedikit. Oleh karena itu perbanyakan menjadi solusi. Vegetatif Pemilik pohon durian pelangi di Manokwari, Sunarto, sukses memperbanyak raja buah itu dengan cara sambung pucuk. Persentase keberhasilannya mencapai 7096. Kini dalam waktu bulan Sunarto menghasilkan 100 bibit hasil perbanyakan, la menggunakan batang bawah asai biji durian pelangi dan biji durian lokal dari pedagang buah durian di Manokwari. “Karena umur batang bawah masih muda, bulan, kerap disebut sambung dini,” ujar Jarot. Sementara para penangte- menggunakan batang bawah 3-4 bulan. Menurut Jarot pilihan vegetatif agar sifat tanaman per induk. “Sementara bila men dengan biji atau generatif, terjac alias perubahan sifat bisa ser_ beda seperti sifat induk. Bisa sama, atau malah kurang baik,” Untuk melipatgandakan durian Jarot menyambung pucuk.

Pasalnya lingkar batang entres (batang atas) diperbanyak) kecil, kurang dari 2 Dengan begitu lebih memperbanyak dengan cara saui Pengambilan mata tunas butuh tinggi karena ukuran diameter err pucuk pohon durian pelangi rela: yakni 2-3 mm. Jarot menggunakan sapuan subang berumur 2 bulan batang bawah. Riset Sulis Fitrianti dari Fakultas Pe Universitas Brawijaya, membuktikan :« penggunaan batang bawah berumur 2 : pada sambung pucuk memberikan terbaik dibandingkan batang bawah I 3 bulan dan 4 bulan. Saat pecah tercepat, yaitu 15 hari. Penggunaan bawah 2 bulan juga menghasilkan pan batang atas (16,5 cm), jumlah daun (91 dan persentase hidup (56%) yang lebih: daripada perlakuan batang bawah 3 bulan dan 4 bulan. Bibit durian pelangi hasil perbanyakan secara okulasi Ketersediaan bibit durian pelangi masih sedikit. Perbanyakan tanaman solusinya pengalaman Sunardi, Duah di Kabupaten Binjai, menunjukkan pertumbuhan Ducuk durian menggunakan : 1 mata tunas lebih cepat an dengan entres yang terdiri tunas.

“Tanaman lebih vigor. sp iain tentu saja lebih irit bahan nur Sunardi. ntara Syahril di Cijeruk, dan -adimulya di Ciseeng, keduanya si Bturaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, s*nik okulasi untuk memperbanyak Keberhasilannya juga tinggi, 9096. Mereka memilih teknik OJk memperbanyak durian pelangi. pengalaman mereka, persentase s-ian okulasi relatif tinggi, yakni 9096,mara sambung hanya 8096. itu okulasi lebih irit bahan w~ «arena calon entres berasal dari di tiap ketiak tangkai daun, -ya menggunakan batang bawah i oibit asai biji durian lokal asai Bogor 3-4 bulan. Untuk pemula, pemilik Indrapuri Agro itu menyarankan p. dilakukan pagi atau sore hari. H-ai* tu kandungan kambium tinggi,” tutur mu-‘ Kandungan kambium yang tinggi .Tercepat penyembuhan luka saat : pelukaan. Namun, bila sudah terbiasa bisa dilakukan kapan saja. hasil maksimal, pilih entres dari durian yang sudah berbuah 2-3 sebelumnya. “Bila entres dari pohon % sedang berbuah, mengurangi daya mata tunas tempel,” tutur Jarot. srgan cara okuiasi dari total 80 mata _~2s yang diokulasi Syahril, 75 diantaranya ~asil menumbuhkan tunas baru. Nun di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kartanegara, Kalimantan Timur, Agus ono memiliki cara lain memperbanyak buah. la melakukan teknik sambung : D. terutama untuk entres berukuran kecil •-^ang dari 2 mm), lama diperjalanan, dan rang bawah sudah terlalu besar. Caranya dengan okulasi, tetapi sambung sisip lerupa mata tunas beserta cabang dan “Tingkat keberhasilannya memang zak sebesar cara sambung pucuk atau tetapi bagus untuk memanfaatkan ;sa-sisa entres dengan kondisi di bawah ” tutur Jarot. Sambung Bianglala Tempel Pelangi Siapkan batang bawah durian yang sehat, berdaun segar, dan hijau. Batang bawah berasal dari seleksi biji durian bernas asai pohon induk yang sistem perakarannya baik, kuat, dan tahan penyakit akar. Sebelum tanam biji bernas dicuci bersih dan rendam dalam larutan fungisida 5—10 menit.

Keringanginkan dan semai biji di polibag berisi media tanah dan sekam (2:1). Dua bulan kemudian batang bawah siap digunakan. Potong batang dan belah bagian tengahnya sedalam 1,5—2 cm. Ambil entres dari pucuk pohon durian pelangi. Buang seluruh daunnya. Sayat bagian pangkal entres pada kedua sisinya sepanjang 1 cm membentuk baji. Penyayatan jangan diulang-ulang. Entres batang atas dimasukkan ke celah batang bawah Ikat dengan tali plastik dari bawah ke atas lalu sungkup individu tiap bibit atau secara masai untuk menjaga kelembapan daerah sambungan. Tinggi sungkup 0,75—1 meter. Letakkan di tempat teduh. Sambungan berhasil jika sudah pecah tunas (3—5 pekan pascasambung). i Selang 3 bulan plastik pengikat dibuka J untuk memberi jalannya transportasi cadangan hara ke atas.Siapkan batang bawah durian yang sehat, berdaun segar, dan hijau umur 2—4 bulan. Lalu kupas kulit batang bawah. Pilih entres durian pelangi yang memiliki mata tunas berukuran pendek 2—5 mm (agar tidak mudah patah) dan berwarna kecokelatan. Lalu rompes daun. Ambil mata tunas dari entres Tempelkan mata tunas asai entres ke batang bawah Ikat sambungan dengan plastik bening dan buat simpul agar ikatan kuatBibit okulasi sudah siap dan simpan di tempat teduh Buka ikatan setelah tiga minggu. Sepekan kemudian tunas baru tumbuh. Pertahankan cabang asai batang bawah untuk memasok makanan untuk pertumbuhan tunas. Bila tunas baru sudah 4 daun (panjang 20—30 cm).

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Durian bianglala rasanya berlibat ganda

Penanggulangan virus pada tanaman

Arwana yang tidak mau mengerami telurnya

JUAL CACING ONLINE INTERNET

Kiat beternak atau budidaya cacing

KUMPULAN TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN