bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Jalankan agrobisnis sambil bekerja
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Dua tahun lalu akhir pekan ia habiskan untuk bersantai bersama keluarga di kawasan febres Solo. Rutinitas pekerjaan sebagai direktur di perusahaan pendukung industri telekomunikasi di Jakarta sejenak ditinggalkan. Namun kini hanya sebentar beristirahat ia langsung melesat menuju Desa Depel—7 km dari kediaman. Di sana 1.250 tabuiampot menantinya. Matahari sudah condong barat ketika sebuah pesawat Garuda Airlines mendarat di Bandara Achmad Yani Semarang. Turun dari pesawat Sri Hono HW bergegas mengantre di tempat pengambilan bagasi. Matanya mencari-cari dus karton berukuran besar. Hup dus yang cukup berat itu langsung dinaikkan ke atas troli bersama barang bawaan lain. Sesampainya di pintu keluar bandara Baleno hijau bernomor polisi B 2060 QJ sudah menanti. Perjalanan selama 3 jam menuju kediaman di kawasan Jebres Solo dilalui dengan gelisah. Begitu tiba ayah 3 anak itu langsung membongkar isi dus. Satu dua tiga…enam pohon jerpaya Citrus medica setinggi 05 m dikeluarkan. Berikutnya 5 kecapi bangkok yang tadi siang dibeli di pameran flora dan fauna di Lapangan Banteng Jakarta Pusat. “Wah waktu melihat tanaman masih segar lega rasanya” papar Sri Hono.

Sibuk
Mengoleksi beragam tabuiampot kegemaran direktur PT Dawamiba itu sejak 2 tahun lalu. Hobi itu ia tekuni di sela-sela kesibukan mengelola perusahaan pendukung industri telekomunikasi didirikan bersama sang adik 20 t silam. Kehadiran sheher-sheltt berbagai lokasi terpencil sehingga tel genggam dapat dioperasikan salah kerja Dawamiba. Wajar nama itu b. terkenal di kalangan perusahaan ope telepon selular. Di tengah berkembangnya ind telekomunikasi tanpa kabel itu tak p kesibukan Sri Hono ikut meningkat. harinya dihabiskan menangani kantt Jakarta dan 2 pabrik di Bekasi. Ka cabang di Semarang rutin disamb; setiap Jumat—sebelum meluncui Solo—dan Senin—sebelum kembal Jakarta. Sementara kegiatan caban Medan Batam dan Surabaya kebanya dipantau dari Jakarta. Toh kesibukan itu tak membuat kehilangan kesempatan menyalurkan 1 ber-tabulampot. Perjalanan Semaran Solo kesempatan untuk menaml koleksi. “Pokoknya asai ada penj tabuiampot pasti saya mampir. Begitu jenis baru langsung diambil” k penggemar olahraga tinju itu. Uang puluhan juta sudah ia habisl untuk berbelanja di satu nurseri langgar Tabuiampot biasanya dibeli dalam ben bibit belum berbuah. Berburu tanan hingga keluar negeri seperti hobiis 1 memang belum ia lakukan. “Wah denj kesibukan sekarang sulit cari kesempat Kalau ingin jenis tanaman buah dari li paling-paling saya pesan pada nurs langganan” tuturnya.

Padat
Waktu tersedia untuk mengur tabuiampot praktis hanya Sabtu d Minggu. Pagi-pagi sekali Baleno nya sudah meluncur menuju kebu Begitu sampai ia langsung berkelili “bersenjatakan” gunting pangkas. Kres..kres..kres…Dengan sigap 5 Hono memangkas tanaman yang kelihat terlalu rimbun. Pekerjaan itu memang tangani sendiri. “Membentuk taji tanaman itu pekerjaan seni” ujar suai dari seorang bidan itu. Keberhasik membentuk tanaman bertajuk indah ja kepuasan tersendiri. Kalau sudah begi Sri Hono gemar berlama-lama di kebu Maklum hobi memelihara tanaman terkubur lantaran halaman rumah sang kecil. Selesai memangkas terkadang ia masi meramu pupuk atau pestisida. Salah seorang pegawai. memberi dosis pestisida. Tanaman ikut mati 250 pot berbagai ukuran seluas 1.000 m2.

Kebun padat tertata apik
malaya. Kecapi bangkok apel nangka telanjang dan beberapa jenis lain dikelompokkan dalam blok terpisah. Antarblok dipisahkan jalan setapak yang diberi kerikil supaya tak becek bila musim hujan datang. Di beberapa sudut dipasang lampu sehingga kebun tetap terang meski pada malam hari. Searah dengan pintu masuk terlihat gazebo berlantai dua. Di sana biasanya Sri Hono dan keluarga bersantai sambil menikmati gemericik air dari kolam ikan di sampingnya.

Meski pendatang baru dalam duma tabuiampot Sri Hono sudah piawai. Tanaman tumbuh sehat dan terawat. Waktu berkunjung jeruk sunkis sedang berbuah lebat. Pohon setinggi 1—15 m digelayuti belasan buah berukuran 15 kali bola tenis. “Kalau di Lapangan Banteng jeruk sunkis berbuah 3—4 buah dijual Rp300.000 yang ini dihargai berapa? selorohnya bangga. Buah-buah yang bergelantungan di pohon biasanya dibiarkan hingga jatuh. Para kerabat dan relasi yang kerap diundang pesta kebun pun dipesam untuk tidak memetik buah. “Keindahan tabuiampot itu kan saat berbuah. Kalau mereka mau buahnya mending saya belikan daripada harus petik dari tabuiampot” ujar Sri Hono. Tabuiampot jeruk jambu dan belimbing koleksinya menjadi sasaran pujian Gubernur Jawa Tengah saat diadakan lomba kebersihan lingkungan provinsi. Waktu itu lingkungan tempat tinggal Sri Hono di Jebres mewakili Karesidenan Solo.

Salah pupuk
Keberhasilan itu tak begitu saja ia raih. Entah berapa puluh pohon mati akibat salah pemberian pupuk. Pria yang mewarisi hobi bercocok tanam dan sang ayah yang guru pertanian itu memang hobi mencoba-coba beragam pupuk. Pernah suatu ketika ia mengaplikasikan pupuk pemacu buah cepat besar dan matang. Alih-alih membesar dan matang buah yang ada justru rontok. Bahkan tanaman akhimya mati. Media tanam yang digunakan sempat berganti-ganti karena tidak cocok. Akhimya ia meramu media bermodalkan ilmu yang diperoleh dari membaca majalah dan buku. Toh semua peristiwa itu tak menyurutkan langkah menekuni hobi. “Ngga apa-apa. Hitung-hitung biaya belajar” ujarkelahiran Solo 55 tahun silam itu Berkat tangan dinginnya kini lapangan gersang yang dibeli 2 tahun silam berubah menjadi rimba tabuiampot. Dua hari bergelut di kebun “obat mujarab” menghilangkan kepenatan kerja. Kepuasan semakin bertambah kala tabulampot-tabulampot yang berbuah mengundang decak para tamu yang berkunjung.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Jalankan agrobisnis sambil bekerja

RED MAGENTA MEMILIKI EKOR MAHKOTA

Jamur merang (Vorvariella volvacea)

OBAT HERBAL DARAH TINGGI DENGAN BAWANG PUTIH

OBAT SELAIN MAUT

AKHIR MASA KEJAYAAN ANTHURIUM