bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Kesehatan terjamin dengan konsumsi sayur
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Sayuran
Miniatur Industri Jamur Cina di Qingyuan Kaisar Shih Huang Ti, pendiri tembok cina, gemar menyantap ling zhi supaya hidup abadi. Para tabib d negeri Tirai Bambu itu kerap menyertakan shiitake dalam resep obat. Olahan jamur pun nyaris selalu disajikan di restoran-restoran. Jamur memang populer di Cina.

Santap siang bermenu serba jamur
Wajar saja tanaman tanpa klorofil itu begitu kesohor di sana. Budaya mengkonsumsi jamur sudah dikenal masyarakat Tionghoa sejak ratusan tahun sebelum masehi. Budaya itu dibawa para perantau ke berbagai negara. Di sana jamur jadi hidangan lezat dan mahal.
Penggunaan jamur dalam pengobatan tradisional ikut mendongkrak kepopulerannya. Tak heran kumbung- kumbung milik para petani tumbuh subur. Belakangan para kaum bermodal ikut terjun membuka rumah-rumah produksi modern. Muncullah produk-produk olahan dalam kemasan menarik. Perkembangan industri jamur di negeri panda itu Trubus saksikan di Hongburang Edible Mushroom Research and Exhibition, Qingyuan City, Guangdong, Cina Selatan.

Serbajamur
Institusi yang dibangun pemerintah dengan mengucurkan dana 3-juta yuan— setara Rp6-miliar—berupa miniatur industri jamur di Cina. Ia dilengkapi beragam rumah tanam, media, restoran, pasar swalayan olahan jamur, dan ruang pamer. Lokasi miniatur di Qingyuan karena wilayah itu produsen terbesar di Cina. Di sanalah shiitake pertama kali dibudidayakan 800 tahun silam. Hampir 95% petani mengusahakan jamur. Hasil produksi 90% diekspor. Qingyuan juga memiliki pasar khusus jamur seluas 2,5 ha. Setiap hari diperdagangkan 8 ton jamur kering dan 5 ton jamur segar. Oleh karena itu ia dijuluki “kampung halaman” jamur. Kunjungan di Hongburang Edible Mushroom Research and ExhibitionOleh-oleh di pasar swalayan khusus. jamur konsumsi. Trubus melihat shiitake, enokitake, jamur kuping, dan jenis lain yang tak lazim ditemui di Indonesia. Semua dimasukkan ke wajan berisi air panas bersama bumbu-bumbu. Pan Chun Xiao, pemandu yang menemani Trubus, cekatan mengolah hidangan itu karena terbiasa. Puas menyantap menu serbajamur, giliran museum disambangi. Ruang seluas 200 m2 itu dipenuhi spesimen jamur kuno, beragam alat produksi, dan foto jenis-jenis jamur budidaya dan alam yang ditata dalam bingkai menarik. Di dunia museum jamur ada di Neuheide dekat Klockenhagen, Jerman dan Pennsylvania, Amerika Serikat.

Styrofoam
Di bagian luar museum terdapat contoh beragam rumah tanam yang dipakai para petani. Mulai dari berbahan sederhana seperti styrofoam dan kulit kayu sampai bangunan bertembok permanen. Di dalam kumbung permanen diperlihatkan cara budidaya shiitake, maitake, enokitake, ling zhi, dan jamur payung berukuran super besar. Shiitake dan ling zhi paling banyak ditanam petani. Kondisi rumah tanam contoh mirip pertanaman jamur di Indonesia. Shiitake ermedia serbuk gergaji disusun dalam ak-rak besi. Untuk menjaga kelembapan, rumah tanam dilengkapi exhause dan lantai disiram berkala. Ada juga kumbung yang dilengkapi AC. Setelah puas melihat-lihat kondisi rumah tanam, kunjungan diakhiri di pasar swalayan khusus olahan jamur. Di sana pengunjung dapat membeli jamur kering, beku, atau asinan dalam kemasan menarik sebagai oleh-oleh.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Kesehatan terjamin dengan konsumsi sayur

MENYEMBUHKAN IMPOTEN DENGAN BUAH JERUK NIPIS

Penemuan Jenis Jagung Kualitas unggul di Indonesia

KONSUMSI JINTAN HITAM MEMPEROLEH MOMONGAN

Sukses Budidaya Buah Sirsak

APA PENYEBAB KERONTOKAN BUAH TERSEBUT DAN BAGAIMANA CARA PENCEGAHANNYA