bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Keseimbangan tubuh dan pikiran agar fungsi tubuh optimal
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Fungsi metabolisme tubuh, termasuk menormalkan kondisi hormonal. “Menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran agar fungsi tubuh optimal,” kata Clara. Pasangan itu rutin mengonsumsi ramuan herbal dua kali sehari. Pada awai Maret 2012 lalu, dokter menyatakan Pujiastuti kembali hamil. Meski demikian, Pujiastuti tetap mengkonsumsi herbal pemberian Lina untuk menjaga kesehatannya dan calon bayinya. Jika tak ada aral, Kamaratih dan Pujiastuti akan menimang jabang bayi yang mereka nantikan itu pada November 2012. (Argohartono Arie Raharjo/Peliput: Nabila Chairunnisa) Temuputih menyingkirkan sel liar dan abnormal. Pakis Rawa Atasi Anemia “Hemoglobinnya drop. Anda mengalami anemia,” kata dokter di sebuah rumahsakit swasta di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kadar hemoglobin darah (Hb) Suryanto cuma 7 g/dl, Hb pria dewasa minimal 12 g/dl. Dampak kekurangan darah itu Suryanto kerap lemas, pusing, cepat lelah, dan mengantuk. Wajahnya pucat dengan kedua mata cekung. Kondisi itu jelas membuat pekerjaan di bengkel kerap terbengkalai. Banyak pelanggan protes karena pekerjaan belum rampung pada waktu yang dijanjikan, “Jika kadar Hb hanya 6 g/dl Anda harus menjalani transfusi darah,’’ kata Suryanto menirukan ucapan dokter. Untuk menaikkan angka Hb dokter meresepkan vitamin penambah darah mengandung zat besi.
Alih-alih pergi ke apotek, Suryanto malah membawa hasil uji laboratorium dan resep kepada Daliyem, herbalis di Banjarmasin. “Saya pantang minum obat pabrikan karena pernah sakit liver pada 2005,” kata ayah 2 anak itu. Padahal organ itu bertugas menetralkan semua racun yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi obat kimiawi dikhawatirkan memperberat kerja hati. Suryanto menyambangi dokter sekadar memastikan sakit yang diderita. Anemia gizi Bukannya memberi obat, Daliyem justru menyarankan Suryanto untuk mengonsumsi olahan kalakai Stenochlaena palustris. Frekuensinya sehari 3 kali. Kalakai? Tanaman epifit itu termasuk dalam keluarga paku-pakuan. Daunnya hijau kemerahan dengan pucuk melengkung. Kalakai tumbuh alami di tanah basah bergambut. Daunnya gampang tumbuh kembali pascapangkas. Dalam waktu 6 hari pascapetik daun dapat dipanen kembali. Di lahan gambut di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan kalakai menjadi vegetasi yang kerap menutupi lahan. Penduduk desa biasa memetik tanaman dengan rimpang panjang dan merayap itu lalu membawanya ke pasar tradisional di kota kabupaten atau provinsi. Di kota Banjarmasin misalnya, harga seikat kalakai- sekitar 100 g-Rpl.000. Belakangan pakis rawa itu juga dijual di pasar modern dengan harga Rp5.000 per ikat. Suryanto mendapat pasokan kalakai dari seorang pegawainya yang tinggal di daerah rawa. Lalu sang istri mengolahnya menjadi sayur tumis. la menyantap tumis kalakai bersama nasi dan lauk lainnya. “Sekali makan bisa habis seikat,” katanya. Selain menumis, masyarakat suku Banjar dan suku Dayak biasa mengolah kalakai menjadi juhu j atau sayur berkuah. Tiga hari menyantap I kalakai pusing dan lemas yang selama ini J mendera berangsur hilang. Kalakai indikator alami tanah gambut yang memiliki lapisan sulfat masam dengan kandungan besi tinggi V Kerabat kalakai yang juga mengandung zat besi tinggi. Bedanya bajaj tumbuh di lahan kering. Dokter Zainal Gani, di Malang, Jawa ~r-i_- menuturkan Suryanto mengalami a gizi, yaitu kekurangan darah akibat r-_ angan zat besi (Fe). Itu ditandai kadar giobin yang lebih rendah daripada -tr&s normal. Pada pria sehat angka Hb 12 g/dl; wanita, 14 g/dl. i -erupakan zat penyusun.

prevalensi anemia di tanahair
yang kaya unsur besi. “Kalakai menyerap zat besi dari tanah dan menyimpannya di jaringan tanaman. Oleh karena itu kalakai kerap dipakai sebagai indikator alami untuk mengetahui keberadaan lahan gambut yang memiliki lapisan besi sulfat (pirit FeS2, red),’’ katanya. Riset Daisy Irawan dari Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Jawa Barat serta periset dari Universitas Hokkaido. Jepang dan Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mengungkap masyarakat suku Dayak dan suku Banjar memanfaatkan daun kalakai untuk makanan ibu hamil dan menyusui. Kalakai dipercaya mampu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) seperti daun katuk dan daun papaya. Mereka juga percaya kalaKa segar-biasanya diolah menjadi sayurtumis- membuat awet muda. Pada masa depan, dengan aneka manfaat yang dikandung boleh jadi pakis rawa itu diolah menjadi aneka produk seperti teh herbal atau ekstraknya sehingga bisa tersedia di mana-mana, praktis, dan tahan simpan. Namun, “Perlu penelitian lebih lanjut agar kandungan gizi di dalamnya tidak berubah banyak karena proses pengolahan,” kata Dessy. melaporkan setiap 100 g daun kalakai mengandung 291,32 mg zat besi. Itu jauh lebih tinggi dibanding sumber zat besi lain seperti bayam merah yang hanya mengandung 7 mg zat besi, hati ayam (15,8 mg), dan kacang merah (10,3 mg). Dengan demikian, “Kalakai dapat dijadikan pangan fungsional untuk mengatasi anemia karena kekurangan zat besi,” kata Dessy. Daun juga mengandung kalsium (182,07 mg), vitamin C (264 mg), dan vitamin A (26976,29 ppm). Menurut Dr Muhammad Noor, ahli tanah dari Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra), Banjarbaru, Kalimantan Selatan, kandungan zat besi tinggi pada kalakai karena habitatnya di tanah rawa sulfat masam .nammad Noor, kandungan zat besi tinggi >ssa 30-40%), dan pria (20-30%).

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
tags:

Related Post Keseimbangan tubuh dan pikiran agar fungsi tubuh optimal

Bonsai dan Bagaimana Perkembangannya

RACUN AKIBAT KESALAHAN POLA MAKAN

AHLI PENGGEMUKAN KAMBING

ASAM URAT

TIPS MENYEMPROT YANG BAIK ” PT. GOLDEN AGIN “