bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Mengulas tuntas tentang Jeruk Sukomoro dan cara budidayanya
Filed: Blog
Advertisement
loading...

omtanithumb

Dalam halaman ini kita akan mengulas tuntas tentang Jeruk Sukomoro, Penasaran?? yuukk mareeee

Tapi jeruk Sukomoro tahan disimpan lebih lama lagi yaitu lebih dari 3 bulan. Tetapi ada 2 macam jeruk Sukomoro. Mana yang lebih hebat jeruk besar diberi nama latin Citrus maxima. Ia dikenal mempunyai banyak macam antara lain jeruk Pandan Wangi jeruk Bali jeruk Delima jeruk Nambangan dan lain sebagainya. Meski bermacammacam tob jeruk ini mempunyai kesamaan. Yaitu berpohon besar bisa lebih 5 meter tingginya.

Sebagian besar pohon jeruk itu tahan terhadap serangan hama penyakit. Buahnya berkulit tebal berukuran besar hampir sebesar kepala orang dewasa dan tahan disimpan lama. Dalam penyimpanan biasa bisa bertahan sampai 3 bulan. Kalau disimpan dalam ruang pendingin tentu bisa jauh lebih lama lagi. Namun ada jeruk besar yang bisa tahan disimpan lebih lama lagi. Sejauh ini yang diketahui adalah jeruk Sukomoro. Jeruk ini juga jeruk besar biasa. tetapi banyak ditanam di kecamatan Sukomoro Magetan Jawa Timur. Karena bisa tahan disimpan sampai 4 bulan. rnaka banyak pedagang yang menyukainya. Pertama ia bisa dipasarkan sampai jauh ke kotakota besar kedua. ia bisa diatur pemasarannya. Sebaliknya kalau jeruk itu sedang sepi dilepaskanlah jeruk itu ke pasaran. Maka para pedagang bisa mengamankan harga jeruknya.

Dalam halaman ini kita akan mengulas tuntas tentang Jeruk Sukomoro, hayuukkk kita ketahui lebih dalamm lagi yaaaa

Di kalangan penanam jeruk di Sukomoro dikenal namanama jeruk Srinyonya dan jeruk Adas. Jeruk Adas kulit buahnya tebal dan bagian luarnya berwarna kekuningan. Isi atau daging buahnya berwarna merah muda hingga merah jingga. Rasanya. manismasam dan segar (banyak air). Jeruk Adas itu tahan disimpan sampai 4 bulan. Hebatnya kalau disimpan lama meski kulitnya berkeriput dan terlihat jelek tetapi isinya tetap utuh tidak berubah. Tetap enak dan segar Sedangkan jeruk Srinyonya. kebalikan dari jeruk Adas. Srinyonya kurang tahan lama disimpan. Jadi ratarata sama dengan daya tahan jeruk besar biasa. Ciri Srinyonya ini kulitnya kehijauan dan rasanya tidak semanis jeruk Adas. Warna daging buahnya lebih muda dibanding jeruk Adas. Tetapi Srinyonya masih cukup laris di pasaran lokal atau pasaran sekitar Magetan. Karena kelebihannya itulah maka jeruk Sukomoro juga berkembang pesat.

Tuntas tentang Jeruk Sukomoro, hayuukkk kita ketahui lebih dalamm lagi yaaaa …. dalammmmm

Pak Darman Sekdes desa Sukomoro misalnya bercerita banyak tentang jeruk Sukomoro yang ditanamnya. Tahun 1976 ia mengawali dengan penanaman 62 pohon jeruk. Dan i ini ia mendapatkan Rp. 800.00000. Karenanya jeruk itu dikembangkan lagi menjadi 113 pohon pada 1981. Kemudian tahun demi tahun tanaman jeruknya terus bertambah. Hingga tahun 1986 jumlah tanaman jeruk Sekdes sudah mencapai 700 pohon atau sekitar 6070 hektar (perhektar 100 pohon lebih !). Berbarengan dengan ini rupiah yang berhasil dikeruknya juga meningkat. Pengakuannya tahun 1983 Darman bisa mengantungi Rp. 1.500.00000 tahun 1984 jadi Rp. 2.100.00000 dan tahun 1986 jeruknya itu memberikan Rp. 6.450.00000 Bukankah jeruk Sukomoro cukup menarik ? (Setiadi Peliput Para Wills) Bertanam Jeruk Sukomoro jeruk Sukomoro adalah sejenis jeruk be sar jadi bertanamnya sama dengan jeruk besar. Tetapi ada baiknya kalau kita hat bagaimana jeruk sukomoro ini ditanam di tempat asalnya. Bertanam jeruk bisa lewat bijinya lewat cangkokan atau okulasian.

Jeruk Sukomoro, hayuukkk kita ketahui lebih dalamm lagi yaaaa lebihhh dalamm dehhh

Namun kalau kita datang ke Sukomoro sebuah kota kecamatan di Magetan Jawa Timur kebanyakan warganya bertanam jeruk lewat cangkokan atau okulasi. Cangkokan atau okulasi itu dibuat sendiri dan tidak berbeda dengan cangkokan atau okulasian buahbuah an yang lain. Yang ingin kita ketahui di sini ialah bagaimana bertanam jeruk Sukomoro sebenarnya kok bisa membuat jeruk itu jadi ngetop. Untuk itu marilah kita telusuri langkah demi langkahnya atas Jeruk Adas umur 7 tahun berbuah lebat. Bawah Pak Darman berpose di kebun jeruknya. Daerah Tumbuh Ka lau berpega. pada iklim di Sukomoro umumnya dapatlah di gambarkan sebagai berikut. Curah hujan selama setahun kurang lebih 1.799 mm. Jurnlah bulan basahnya kurang lebih 67 bulan setahun. Musim hujan berlangsung antara Oktober sampai Maret dengan jumlah hari hujannya kurang lebih 89 hari. Musim kemarau jatuh sekitar April hingga September. Sedangkan bulan keringnya berlangsung sekitar 56 bulan. Suhu tertinggi pada musim kemarau itu sekitar 2930 derajad celcius yang jatuh pada bulan Mei. Perbedaan suhu udara siang dan malam hari tidak begitu besar. Siang hari tidak kelewat panas malam hari tidak terlalu dingin. Letak Sukomoro kalau diukur dari muka laut kirakira hanya 90 m saja tingginya.

CARA MERABUK KALAU 4/ CABANG DAN DAUN—DAUN BELUM SALING MENYANGKUT TANAMAN MUDA)

Mendapatkan Bibit Jeruk Sukomoro Mendapatkan bibit jeruk Sukomoro tidak sulit. Karena jeruk besar alias Citrus maxima itu tumbuh merata di desadesa wilayah Sukomoro. Kita bisa mendatangi pusatpusat jeruk Sukomoro seperti desa Tamanan Tambakmas Kalangkati Sukomoro Bulu Pojoksari Bibis dan Bandar. Atau lebih gampang lagi ka lau datang saja ke rumah Pak Darman Sekretaris Desa Sukomoro. Bisa juga ke rumah Pak Sutasmo di desa onggokkan di sebelah kin lubang. Tanah bagian bawah (lebih dalam dari 30 cm) dionggokkan ke sebelah kanan lubang. Setelah digali onggokan tanah dan lubang dibiarkan selama sebulan. Setelah itu tanah bawah dicampuri satu bagian pupuk kandang atau kompos untuk setiap satu bagian tanah bawah. Keduanya ini dicampur sampai rata betul. Kemudian baru ditimbunkan ke dalam lubang. Tanah bagian atas perlu diberi kompos atau pupuk kandang juga. Ukurannya sama dengan ukuran di atas dan kompos bercampur. seminggu lama. aa. pa memasang b. Pembuatan Saluran itu air siraman Sebetulnya lebih L7 itu sekaligus aa mirip sungai.

Pemeliharaan di Kebun
a. Pemupukan Biasanya sebulan setelah dikebunkan tanaman diberi Urea 5 gram. ZK atau KC1 5 gram. Sesudahnya. pemupukan dengan takaran yang sama dan pupuk yang sama diulang lagi sampai 23 kali dengan selang waktu sebulan. Setelah tanaman berumur setahun ia diberi pupuk lengkap NPK atau campuran Urea TSP dan KC1 serta ditambah dengan pupuk kandang atau kompos. Takaran pupuknya Urea 100150 gram TSP 100 gram dan KC1 100200 gram. La lu pupuk kandang atau komposnya di berikan sebanyak 3 blek. Pupuk bertakaran sekian itu diberikan pada tanaman sampai usianya menginjak 2 tahun. Kalau tanaman berusia 3 tahun pemberian pupuk ditingkatkan menjadi Urea 150200 gram TSP 150 gram dan KC1 150 gram. Sedangkan pupuk kandang atau kompos diberikan sebanyak 6 blek. Untuk seterusnya pemberian pupuk ditingkatkan terus sesuai dengan peningkatan usianya. Pemupukan biasanya dilakukan menjelang musim kemarau (April) dan menjelang musim hujan (Oktober). Kalau saat pemupukan hujan tidak turun maka selesai memupuk tanaman harus langsung disiram air supaya pupuk itu larut sehingga memudalikan akar untuk menghisapnya. b. Cara Pemberian Pupuk Pupuk ditebarkan merata secara merata ke sekeliling tanaman. Tem pat penebaran berupa rorakan (pant kecil). Mulamula pupuk kandang di tebarkan dulu kemudian menyusul pupuk buatan. Setelah itu rorakan di tutup lagi. Untuk menghindari pengerasan tanah akibat siraman air tanah di sekitar tanaman hams sering didangir. Kalau tidak begitu tempat tersebut diberi saja pelapis tanah dari jerami kering. Pemberian pelapis ini dijatuhkan persis musim kemarau untuk mencegah pengerasan tanah dan juga untuk menjaga kelembaban tanah serta mengurangi penguapan air akibat panas matahari.

c. Pengendalian Hama dan Penyakit Pengganggu yang sering ditemukan menyerang jeruk Sukomoro di tempat asalnya sana antara lain ra yap. Untuk in sejak awal tanah di sekitar tanaman ditaburi Curater atau Furadan 10 G. Pengganggu lain se macam penggerek buah atau Ialat buah juga sering dijumpai. Kedua hama ini membuat buah menjadi busuk. Cara menanggulanginya dengan semprotan insektisida Els tar dan diberi zat perekat Citowett. Selang waktu penyemprotan dibuat seminggu sekali. Di samping semprotan insektisida di atas ditambah juga dengan semprotan insektisida lain yaitu Diazinon 60 EC Basminon dan Dharmasan. Selang waktu penyemprotan dan aturan pakainya mengikuti aturan pada label masingmasing insektisida. Untuk mengatasi jamur blendok yang sering menyerang tanaman jeruk sering dipakai campuran prusi atau terusi dan gamping atau bisa juga memakai bubur ordo. Campuran tersebut dilarutkan dalam air secukupnya kemudian dilaburkan pada batang tanaman. Bisa juga larutan ini disemprotkan kepada tanaman. Pemangkasan Tanaman Ketika musim hujan akan banyak cabang air yang tumbuh tak beraturan. Cabang air ialah cabang baru yang berbeda dengan cabang biasa dan tumbuh tegak langsung da ri bagian pangkal batang maupun tumbuh di musim hujan kalau sedang banyak air. Cabang air ini hams dibuang karena tidak produktif. Lagi pula kalau dipelihara terus bisa membuat tanaman menjadi rimbun sampai kekurangan sinar matahari. Dan jamurjamur pengganggu akan berkembangbiak di situ. Ranting tua ranting kering dan ranting yang rusak juga harus dipangkas.

Patten jeruk Sukomorti Panen raya jeruk Sukomoro biasa berlangsung pada bulan Mei dan Juni. Jumlah panenan perpohon untuk jeruk berusia 2 tahun bisa men capai 2530 buah. Kalau hasil itu di rupiahkan sebagaimana diungkapkan Pak Sutasmo 200 pohon jeruk Sukomoronya yang berusia 2 tahun di targetkan bisa menggaet Rp. 1.500.00000 ! Ini tentu pendapatan yang tidak kecil Namun yang lebih menarik jeruk Sukomoro tahan disimpan lama. Berapa lamanya ? Antara 34 bulan (Rara Wills) ayam kate alias ayam cebol dagingnya sedikit tak layak dipotong sebagai unggas sumber daging. Produksi telurnya pun tak seberapa karena kecilkecil dan jumlahnya sedikit sekali. Tapi anehnya penggemar ayam mungil ini tak kepalang banyaknya. Saya memiliki 14 ekor ayam kate ! tutur Antono penduduk daerah NotoprajanYogyakarta. Ia sudah lama betemak dan memelihara ayam cebol ini karena terdorong rasa. Sayangnya terhadap anak. Yang dulu selalu merengek minta dibelikan ayam kate. Sebagai temak kesayangan ayam kate sangat clikagumi penggemar dan pemeliharanya karena penampilan fisiknya yang aneh dan indah. Tingkah lakunya lucu potongannya cantik dan menarik. Yang lebih mempesona lagi adalah bentuk jenggernya yang tinggi besar dan menjulang merah di atas kepalanya yang kecil bulu ekomya yang lebat.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Mengulas tuntas tentang Jeruk Sukomoro dan cara budidayanya

Manfaat Hormon Bagi Pertumbuhan Tanaman

TELUR BUAYA SUNGAI NIL CROCODYLUS NILOTICUS

EKSTRAK JINTAN MENGATASI DIABETES MELLITUS HIPERTENSI DAN KOLESTEROL

BERAS HITAM MULTI MANFAAT BIAR HITAM BERGUNA

Produsen Hormon Organik Tanaman Produksi Hormon