bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Parfum branded berbahan kemenyan
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Parfum eksklusif itu beraroma kemenyan, Banyak orang mengolok-olok kemenyan identik dengan mbah dukun atau sesuatu yang mistis. Namun, rumah produksi kelas dunia House of Prada di Milan, Italia, meluncurkan parfum dengan nama No 11 Cuir Styrax. Produsen itu dengan bangga menuliskan kata Styrax di label. Styrax nama genus tanaman kemenyan. Beberapa spesies kemenyan adalah kemenyan durame Styrax benzoin dan kemenyan toba S. paralleloneurus. Keberanian memasarkan parfum kemenyan menjadi berkah lantaran parfum No 11 Cuir Styrax kini lebih mudah tercium di kulit para perempuan sosialita di Italia. Budayawan dan sastrawan dari Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Iman Budhi Santosa, menuturkan sejak dahulu bangsawan c Jawa memanfaatkan kemenyan. Tengok sudut- sudut ruangan di setiap keraton selalu terdapat anglo untuk membakar kemenyan sebagai pengharum ruangan. Kebiasaan membakar kemenyan juga berlaku di tempat-tempat keramat sebagai wujud penghormatan kepada arwah leluhur. “Maksudnya supaya arwah leluhur senang,” kata Iman. Sejatinya kemenyan sama sekali jauh dari aroma mistis. Sebaliknya, getah pohon anggota famili Styracaceae itu berefek menenangkan dan meningkatkan konsentrasi tak ubahnya terapi aroma. “Ketenangan dan konsentrasi itu yang dicari saat berdoa,” tutur Andria Agusta PhD, periset kimia bahan alam di Pusat Penelitian Biologi LIPI. Cibinong, Kabupaten Bogor. Kandungan benzoate dalam kemenyan merangsang sistem memproduksi serotonin-hormon rasa nyaman, tenang, dan bahagia. MHNI benzoat dan sinamat beragam .’.’Tya beraroma. Keduanya tergolong zat H- i as beraroma. sinamat dari kemenyan punya HpM ig. Turunan asam sinamat yang salisilat itu mampu menahan radiasi mat Kemampuan itu mendasariturunan sinamat itu dalam industri ^oagai tabir surya. Produk tabir surya- saat ini didominasi bahan dasar 5ergdan oksida titanium. Kedua bahan ~emantulkan sinar ultraviolet A dan B pHjMtac -ulit terbakar.

fec^ngan Food and Drugs Administration-:engawas obat dan makanan Amerika aiyebutkan bahwa penggunaan oksida sida titanium dalam jangka panjang si reradangan kulit yang berujung kanker – -arena itu tabir surya dari bahan alam pohon kemenyan pas sebagai Apalagi, “Kandungan gugus salisilatnya -enghambat pertumbuhan cendawan dan permukaan kulit,” ungkap Andria Agusta. jn. tidak semua benzoat atau sinamat Uni -enenangkan. Contoh benzoat dari MH Duah beri dan anggur yang berefek wmm cita rasa. Apalagi benzoat sintetis 3brik dengan tingkat kemurnian rc 100% yang justru membahayakan Menghirup benzoat murni bisa sistem saraf indra penciuman,” kata 4*et 3″ Bukittinggi, Sumatera Barat, 43 tahun sesungguhnya efek menenangkan B itu muncul lantaran perpaduan dan pbahan-bahan kimia dalam kemenyan Hek dengan sintetis. Selain benzoat dan getah pohon itu mengandung beragam aktif seperti vanilin, pinoresinol, stirasin, s iat. Dengan beragam senyawa dan Sumatera Utara menguar sampai Eropa khasiat, wajar jika masyarakat memanfaatkan kemenyan untuk menjaga kesehatan.

Sebetulnya khasiat kemenyan sudah mendunia. Pakar kedokteran pada masa kekhalifahan Dinasti Samaniah di Iran, Ibnu Sina alias Avicenna, mencantumkan pemanfaatan kemenyan di buku Qanun fi Thib alias Kitab Pengobatan. Ibnu Sina menulis khasiat aroma kemenyan untuk mengatasi gangguan pernapasan. Itu sebabnya orang-orang tua di Jawa biasa mencampurkan serbuk kemenyan saat melinting tembakau. Mereka yakin kemenyan mengurangi dampak buruk nikotin dari tembakau. Beberapa pabrik rokok skala kecil di Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga kini masih memproduksi rokok kemenyan. Dengan beragam potensi itu, kemenyan komoditas potensial yang layak dikebunkan. Namun, di sentra Kabupaten Pakpakbharat, Provinsi Sumatera Utara, banyak pekebun membiarkan pohon-pohon hidup seadanya, tanpa perawatan berarti. Almen Berutu, pemilik pohon, misalnya berdalih dengan merawat seadanya sudah bisa memanen getah kemenyan. Ir Sentot Adi Sasmuko, periset di Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menjelaskan bila kemenyan dirawat intensif bisa memberikan penghasilan seumur hidup. Itu wajar lantaran umur produktif pohon kemenyan mencapai 30 tahun. Bila kaum hawa sosialita di Italia saja sudah mau memakai parfum kemenyan, jaminan apalagi yang harus ditunggu?

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Parfum branded berbahan kemenyan

BUDIDAYA BUAH SOP TAHUN 2016

Cara membuat pupuk kompos dengan sampah

SILANGAN KETIGA RAS PADJADJARAN MUNCUL

Buku pintar budidaya ternak walet

BENCANA REKAYASA PERTANIAN DAN PETERNAKAN