bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Pasukan Alami Pengendali Liriomyza
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Liriomyza

Lima puluh ha dari 100 ha kentang Wildan Mustofa musnah akibat ganyangan penggorok daun Liriomyza huidobrensis. Pekebun di Pangalengan Bandung itu tercengang. Belajar dari peristiiva itu ia memanfaatkan parasitoid untuk mengatasi serangan penggorok daun. Hasilnya tingkat serangan ditekan hingga kur an g dari 10%. Kejadian serupa dialami Gunawan pekebun kentang di Banjarnegara Jawa Tengah. Kentang 08 ha luluh-lantak akibat serangan penggorok daun. Untuk mengatasi pekebun biasanya jor-joran menyemprotkan insektisida. Padahal biaya sekali penyemprotan Rp500.000 per ha. Per periode tanam pekebun mesti menyemprotkan 15—22 kali untuk mengamankan kentang dari Liriomyza huidobrensis.

Setidaknya Rp 75-juta terkuras jika pekebun mengelola 1 ha. International Potato Center (IPC) menyarankan pemanfaatan parasitoid. “Periode tanam pertama penyemprotan insektisida hanya 12 kali; biasanya 15—22 kali” ujar Ir Warsito peneliti di IPC Bogor yang meriset pemanfaatan parasitoid di lahan kentang.

Kurangi insektisida
Musim tanam kedua penyemprotan hanya 8 kali. Selain itu pekebun dapat mengundang parasitoid. Caranya di sekeliling lahan diberi umpan sedotan atau kapas yang diolesi madu. Menurut Warsito dengan cara itu produksi telur parasitoid meningkat. Musuh alami yang banyak beredar hemiptarsenus gronotoma ophius chysocaris dan neochlysocarais. Hemiptarsinus paling dominan di antara parasitoid lain.

Liriomyza dijadikan inang bagi parasitoid. Musuh alami sebetulnya banyak bertebaran di sekliling lahan pertanian. Sayang sosok sangat kecil sehingga pekebun tidak menyadari keberadaannya. Apalagi pemanfaatan pestisida berlebihan malah menurunkan populasinya.

Dengan mengundang parasitoid dan mengurangi frekuensi penyemprotan insektisida serangan hama dapat diatasi. Saat ini Gunawan menuai rata-rata 147 ton dari lahan 08 ha biaya pestisida hemat 50%. Parasitoid juga menyenangi lahan yang kandungan organiknya tinggi. Penelitian di lahan IPC di Banjarnegara seluas 05 ha menunjukkan hama penggorok daun dapat ditekan 0% dengan kombinasi penanaman tanaman penghasil madu seperti kembang sepatu.

Rotasi tanaman
Cara kerja parasitoid dengi: menempelkan diri pada larva Liriomyza instar 2—3. Larva itu banyak ditemukar saat kentang berumur 4—5 minggu setelur tanam (mst). Serangannya semak.r dahsyat saat pembentukan umbi umur 7— 8 mst. Cairan larva diisap untui kelangsungan hidup parasitoid.

Dampaknya larva Liriomyza gaga meneruskan daur hidup menjadi lalat Otomatis populasi lalat penggorok dau: berkurang. Namun begitu menciur insektisida parasitoid menyingkir. Itul sebabnya sekeliling lahan sebaiknya dipagari dengan jagung. Itu untu» mengantisipasi “menularnya” pestisida yang disemprotkan pekebun tetangga.
Selain mengurangi frekuens penyemprotan insektisida ia merotas. tanam. Tanaman yang bukan inangnya seperti jagung atau ubijalar dipilih setelah penanaman kentang.

Jebak lalat
Pembumbunan alternatif untuk mengurangi serangan lalat penggorok daun. Biasanya kentang umur 4—7 ms: lalat mengeluarkan pupa. Saat calor. lalat itu jatuh ke tanah segera lakukan pembumbunan Pupa yang terkubur dalam tanah lalu mati. Cara lain mencegah serangan dengan menjebak lalat penggorok. Dua pekan sebelum penanaman kentang budidayakan buncis atau kacang-kacangan lain yang disukai lalat penggorok. Setelah terlihat serangan lakukan pengendalian mekanik. Ambil dan memusnahkan daun terserang.

Daun penuh larva Liriomyza bisa dimanfaatkan sebagai perangkap dengan memasukkan ke dalam kurungan kassa. Ukuran kassa disesuaikan supaya hanya parasitoid saja bisa keluar masuk. Lama kelamaan lalat mati kelaparan dalam kurungan. Jebakan ini diletakkan di tengah-tengah lahan.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Pasukan Alami Pengendali Liriomyza

CEMARA UDANG (CASUARINA EQUISETIFOLIA)

Dasar dasar beternak cacing dengan baik

DEWANDARU LEBIH DIKENAL DI KALANGAN PEHOBI BONSAI

MELUNAKAN KACANG HIJAU

PIGMEN KAROTENOID YANG TERSEBAR MERATA DI KULIT BUAH MEMBERI LATAR WARNA KUNING