Home » Blog » Penjualan kavling burung walet
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Dijual kavling di komplek walet Sidomanik Serpong. Lokasi sangat sesuai untuk habitat walet sekaligus sebagai tempat berkebun dan peristirahatan Peminat hubungi : 021-5370015 HP. 0811941776 Tren Harga Sarang Walet Dunia Sekilo sarang walet kualitas bagus saat ini bernilai US$1.800. Harga itu tidak bisa menjadi patokan. Bisa saja anjlok atau mungkin naik. Sulit diprediksi. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi gejolakharga sarang walet itu. Kemajuan ekonomi Cina yang pesat dewasa ini membawa berkah.

Permintan sarang walet naik seiring . meningkatnya kebutuhan sarang walet. Artinya harga sarang walet tidak turun drastis dalam waktu dekat ini. Jika kondisi itu tetap terjaga bahkan di tahun-tahun mendatang. Selama ini memang pasar terbesar sarang walet adalah Cina. Hanya saja pada waktu itu sarang walet masuk terutama pajak dikurangi. Di kawasan Asean malah dibebaskan. Hal itu sedikit banyak berpengaruh terhadap pemasaran sarang walet. Sebanding 500 kg beras Sebetulnya pemasaran sarang waiet puluhan tahun lalu sudah menyebar ke penjuru dunia terutama Hongkong Singapura Taiwan Amerika Kanada Macao dan Cina. Jika melongok catatan sejarah perdagangan sarang walet marak sejak 50 tahun lampau. Bila dikonversikan dengan rupiah sekarang harga sekilo sarang walet sebanding 500 kg beras. Jika kini sekilo beras Rp3.000 maka sekilo sarang walet cuma Rp1 5- juta. Nilai itu bertahan cukup lama. Memasuki dekade 1980-an harga sarang walet merangkak naik berkisar US$400/kg. Harga itu cenderung meningkat dari tahun ke tahun sejak 1990-an. Itu terjadi karena laju pertumbuhan ekonomi di Asia naik pesat. Harga sarang walet pun mencapai titik puncak pada akhir 1997 US$3.000/kg.

Namun begitu badai krisis ekonomi menerpa berangsur harga turun hingga US$1.800/kg. Negara pengimpor potensial seperti Taiwan Amerika dan Kanada kini sedang dilanda ketidakjelasan ekonomi. Mengarah menuju resesi. Faktor ini dapat menyebabkan harga sekilo sarang walet menurun tajam hingga US$1.000/kg atau lebih rendah. Tiga periode Kenyataannya pasokan sarang walet setiap tahun terus bertambah sedangkan permintaan stagnan. Pasokan berlimpah itu disebabkan sentra-sentra produksi di Asean bermunculan. Ambil contoh di seluruh Indonesia terutama Jawa dan sumatera Semenanjung Malaysia dan Thailand Selatan. Total jumlah produksi sarang walet dari budidaya sudah mencapai 200 ton per tahun. Volume itu melonjak 100% dari 1996 dan terus meningkat. Seperti bisnis lain bisnis sarang walet memang tak lepas dari life circle. Berdasarkan pengamatan selama bertahun-tahun masa kehidupan itu dibagi ke dalam 3 periode. Periode 1Keseimbangan supply dan demand masih terpenuhi. Periode ini berlangsung hingga puluhan tahun. Lonjakan permintaan naik drastis tak sebanding dengan produksi. Kondisi ini menyebabkan harga melonjak tajam. Keuntungan besar yang diraih membuat banyak investor tertarik menanamkan modal. Ini saat kejayaan sarang walet. Akan tetapi berjubelnya investor malah membikin produksi meningkat besar- besaran. Jika tidak diimbangi lonjakan permintaan niscaya harga merosot Ini saat buruk bagi bisnis sarang walet. Harga menjadi murah. Bisnis sarang walet hanya menghasilkan laba sedikit. Persaingan antarprodusen begitu kompetitif. Akibatnya sebagian investor yang dulu mengharapkan untung besar menghentikan kegiatan. Mereka akan berpindah ke bisnis lain.

Investor baru perlu mempertimbangkan kemungkinan yang ada. Sebab kalau melihat ke depan bisnis sarang walet akan memasuki periode ke—3. Prediksi itu memang dibuat berdasarkan informasi dari data-data sarang walet selama puluhan tahun. Namun sebagai produsen kita tentu berharap bisnis sarang walet berada di periode ke—2 dalam jangka lama. Indonesia produsen sarang walet terbesar di dunia perlu arif. Para pelaku harus mencari alternatif untuk mendongkrak pemakaian sarang walet. Dapat saja menjual bentuk olahan seperti; makanan obat-obatan dan kosmetik. Belakangan produk-produk itu dibuat di Hongkong dan Singapura. Tren semacam itu perlu disokong supaya pemanfaatan sarang walet kian hari meningkat.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja

Related Post Penjualan kavling burung walet

Bertanam dan berkebun di pot saja

USAHA PENGGEMUKAN SAPI SELAMA 120 HARI

OBATI ASMA ANDA DENGAN HERBAL LEBIH AMAN

DURIAN TRENGGALUH DURIAN TANPA SEKAT

Pupuk Organik Cair Ramah Lingkungan Aman di Telan