bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Sekilas tentang pertanian Indonesia
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Sumber daya alam Indonesia yang melimpah ruah. Kita lihat bahwa Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil Negara yang berhasil . Kenyataannya tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia dan hal ini berdasarkan Protokol Nagoya akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan. Dan Protokol Nagoya sendiri merumuskan tentang pemberian akses dan pembagian keuntungan secara adil dan merata antara pihak pengelola dengan negara pemilik sumber daya alam hayati serta memuat penjelasan mengenai mekanisme pemanfaatan kekayaan sumber daya alam. Kelebihan alam di Indonesia yang melimpah terbentuk oleh beberapa faktor antara lain:

  1. Dari sisi astronomi Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan mantab
  2. Dari sisi geologi Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan zat zat yang bermanfaat
  3. Wilayah perairan di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut serta mengandung juga berbagai jenis sumber kekayaan alam

Mantabnya tingkat biodiversitas Indonesia ditunjukkan dengan adanya 10% dari tanaman berbunga yang dikenal di dunia dapat ditemukan di Indonesia 12% dari mamalia 16% dari hewan reptil 17% dari burung 18% dari jenis terumbu karang dan 25% dari hewan laut. Di bidang agrikultur Indonesia juga terkenal atas kekayaan tanaman perkebunannya seperti biji coklat karet kelapa sawit cengkeh dan bahkan kayu yang banyak diantaranya menempati urutan atas dari segi produksinya di dunia raya. Hal ini juga terjadi pada sector pertanian, Indonesia adalah surganya tanaman di dunia.

Masalah yang di hadapi sektor pertanian Indonesia dan Perkembangan pertanian Indonesia. Kekayaan alam dan tingkat perekonomian suatu negara memiliki kaitan yang erat dimana kekayaan sumber daya alam secara teoritis akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang mantab. Tetapi pada kenyataannya hal tersebut justru sangat bertentangan karena negara-negara di dunia yang kaya akan sumber daya alamnya seringkali merupakan negara dengan tingkat ekonomi yang tidak tinggi. Masalah ini dalam bidang ekonomi sering pula disebut Dutch disease.Masalah ini disebabkan negara yang cenderung memiliki sumber pendapatan besar dari hasil bumi memiliki kestabilan ekonomi sosial yang lebih rendah daripada negara-negara yang bergerak di sektor lain. Selain itu negara yang kaya akan sumber daya alam juga cenderung tidak memiliki teknologi yang memadai dalam mengolahnya. Korupsi perang saudara lemahnya pemerintahan dan demokrasi juga menjadi faktor penghambat dari perkembangan perekonomian negara-negara itu. Cara mengatasi hal tersebut diperlukan pembenahan sistem pemerintahan pengalihan investasi dan penyokongan ekonomi ke bidang industri lain serta peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pemberdayaan sumber daya bumi. Sebagai percontohan negara yang telah berhasil mengatasi hal tersebut dan menjadikan kekayaan alam sebagai pemicu pertumbuhan negara adalah Norwegia.

Kenapa Indonesia ? Negara Jamrud Katulistiwa dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bertani. Berdasarkan Data statistik pada tahun 2001 menunjukkan bahwa 45% penduduk Indonesia bekerja di bidang pertanian. Pada Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa negara ini memiliki lahan seluas lebih dari 31 juta ha yang telah siap tanam dimana sebagian besarnya dapat ditemukan di Pulau Jawa. Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditi ekspor antara lain padi jagung kedelai sayur-sayuran cabai ubi dan singkong. Di samping itu Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya antara lain karet (bahan baku ban) kelapa sawit (bahan baku minyak goreng) tembakau (bahan baku obat dan rokok) kapas (bahan baku tekstil) kopi (bahan minuman) dan tebu (bahan baku gula pasir)

Peluang

Hal inilah yang menjadikan Peluang pada sektor pertanian Indonesia yang melimpah ruah, Langkah maju harus di ambil untuk memajuakn sektor pertanian Indonesia, karena kita yakin sektor inilah yang akan membuat Indonesia sejajar dengan negara maju di Dunia. Website ini adalah Sebuah terobosan baru mengenai Informasi pertanian Indonesia, dimana anda akan mendapatkan segala infromasi yang berguna untuk membantu mensupport usaha pertanian anda. Dalam blog ini penulis ingin menyebar info seluas luasnya guna menjadi rujukan ataupun bocoran ilmu mengenai pertanian agar supaya menjadikan petani indonesia lebih sejahtera menjadikan petani indonesia petani modern yang berdasi.

salam hangat selalu

redaksi

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Sekilas tentang pertanian Indonesia

SHENGYANG, PRODUSEN KASUR PEGAS DAN MEBEL

Kiat Khusus Budidaya Oyong Yang Sukses

PANEN ARWANA DI AKUARIUM

Emping Di Sragen Yang Begitu Enak

PERUSAHAAN PENYEDIA JASA SISTEM ROBOTIK