bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Tanaman buah tanpa musim
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Apakah Anda menghadapi masalah di bidang budidaya pertanian? Layangkan pertanyaan Anda kepada kami. Delapan pakar spesialis di bidang masing-masing siap membantu memecahkan masalah Anda. Mereka adalah Final Prajnanta. Hendro Soenarjono. lin Hasim. Moh. Reza Tirtawinata. IMS. Adiyuwono. Rizal Djaafarer. Sudadi Ahmad. dan Yos Sutiyoso. Ada beberapa penyebab penyimpangan bentuk seperti buah mete. Misalnya penyerbukan bunga tidak sempurna; kelainan fisiologis karena perbedaan suhu malam dan siang yang tajam; mutasi spontan dan pengaruh pestisida misal 24 D atau herbisida lain. Bila disebabkan oleh penyerbukan tidak sempurna coba amati keberadaan lebah-lebah atau lalat di kebun. Bila sedikit. Anda bisa mengatasi dengan memelihara lebah madu di kebun. Bila itu tak mungkin lakukan penyerbukan buatan. Caranya kumpulkan tepung sari dari bunga j antan yang baru mekar. Kemudian oleskan dengan kuas ke kepala putik bunga betina yang baru mekar. Tandanya ada bakal buah di bawah mahkota bunga yang membengkak. Cara lain tepung sari yang terkumpul kemudian dihembuskan ke bunga betina yang baru mekar. Agar mudah campurkan tepung sari itu dengan talek atau beri air mineral. Penyerbukan sebaiknya dilakukan pada pukul 06.00 atau 17.00.

Sampah organik saya olah menjadi kompos bokashi dengan menggunakan EM 4. Di kompos itu saya ingin membudidayakan cacing tanah Lumbricus rubellus untuk pakan koi. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Apakah bokashi hasil fermentasi sampah dapat dijadikan pakan cacing tanah?
  2. Apakah cacing tanah juga memakan larva atau kepompong lalat yang biasa muncul dalam proses pengomposan?
  3. Di manakah mendapatkan bibit cacing tanah di sekitar Malang?

Yos Sutiyoso
Cacing tanah senang bahan organik yang baru mengalami fermentasi sehingga bokashi itu masih dapat menjadi pakan cacing. Lebih baik lagi bila proses fermentasi belum selesai. Cacing hanya memakan bahan organik mati. Karena itu ia tidak akan memakan larva cacing hidup. Bila lalat merupakan gangguan usahakan tempat fermentasi tertutup rapat sehingga lalat tidak mungkin meletakkan telur. Fermentasi kemudian berubah dari anaerob.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Tanaman buah tanpa musim

BAKALAN SAPI TERUS NAIK SEIRING MENINGKATNYA KEBUTUHAN

Kopi menjadi andalan eksport luar biasa

BONSAI BERTARUNG MEMPEREBUTKAN GELAR TERBAIK.

KOLEKSI SANSEVIERIA VARIEGA TANAMAN PENYERAP POLUTAN

MANGGA MASAM JADI MANIS KARENA PUPUK TSB