bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Vertikultur bertingkat cocok untuk hobiis
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Peralatan vertikultur bongkar pasang, Trubus saksikan di Xinhui Modem Agriculture Base, Xinhui, Guangdong, Cina Selatan. Tiang-tiang setinggi 2 m tersusun atas 10 pot dengan 5 lubang tanam yang disusun zig-zag.Setiap lubang tanam ditanami selada dan cabai hias dalam media batu apung. Jumlah pot bisa ditambah atau dikurangi sesuai keinginan.

Empat buah tiang disusun membujur dalam “bedeng” terbuat dari bak plastik untuk tempat sisa nutrisi. Antartiang dipisahkan j arak 1 m. Bagian atas bedeng ditutup styrofoam.

Di bagian atas konstruksi itu dipasang pipa-pipa hitam sejajar barisan tanam. Tepat di atas setiap tiang terdapat semacam keran untuk mengairi tanaman. Secara berkala nutrisi mengaliri pot-pot. Selepas melewati pot terbawah, air ditampung dalam bak plastik sebelum dialirkan ulang.

Model tunnel
Ragam teknik penanaman secara hidroponik memang kian populer di Cina. Tingkat kehidupan masyarakat semakin membaik, membuat kebutuhan makanan sehat meningkat. Termasuk produk- produk hasil penanaman berteknologi hidroponik. Model-model sederhan- dibuat untuk para hobiis.

Penanaman dengan vertikultur bongkar pasang secara massal terdapat d Zhuhai Modem Agricultural, di Zhuhai— selatan Xinhui. Di sana selada dan bayam- bayaman Amaranthus sp ditanam dalam 4 “bedeng” terdiri atas 2 lajur. Setiap lajur berisi 15 susunan pot bongkar pasang berjarak tanam 1 m x 1 m. Desain serupa digunakan pekebun hidroponik di Kepulauan Karibia.
Mereka
menggunakan pot segiempat berukuran lebih besar yang dipasang tumpang- tindih. Vertikultur Bongkar Pasang di Negeri PndaSistem tanam bertingkat di Indonesia biasanya menggunakan bambu, pipa PVC, atau pot keramik tunggal yang ditegakkan. Namun, di Cina pot vertikultur bisa dibongkar pasang. Instalasi mudah dipindah-pindahkan dan tinggi tiang bisa diatur. Teknik budidaya tanpa tanahjuga lazim di negari
Panda itu.

zramik mudah ’ negari , cabai bias di atas akuarium Mudah di bongkar pasang dan dipindahkan sederhana ertikultur terdapat di i Zhuhai— ian bayam- im dalam 4 setiap lajur :ar pasang sain serupa iponik di Mereka berukuran tumpang- % :cel lain, vertikultur bertingkat, mu.:- r.pa PVC berdiameter 10 cm Biimiig i’g 1,5 m disusun berhubungan c-, an vertikal. Susunan pipa itu r -irkan” pada susunan lain sehingga |mr~ ruk bangun segitiga. :iia masing-masing pipa dibuat [iti.-.tg tanam berjarak 20 cm. Di ya ditanami selada dan cabai hias. Hkicr.si dialirkan pada waktu-waktu p. ‘:_:J mulai dari pipa paling atas ke kuh. Sisa nutrisi masuk bak peiimpungan sebelum disirkulasikan !..:~bali. Modelnya cantik dan |»::;rhana sehingga coeok untuk * – ^imsi para hobiis di rumah.
Xinhui Modem Agriculture Base juga najang vertikultur sederhana dari Tsobu. Maklum saja institusi itu memang iat riset sekaligus lokasi agrowisata. ri-nbu-bambu setinggi 1—2 m ditanami .-rras dan cabai hias dengan j arak tanam DC cm. Penyiraman dengan sistem irigasi r.es. Pada setiap tiang bambu dipasang : pa hitam. Dari pipa itu nutrisi . distribusikan ke masing-masing lubang anam melalui pipa lebih kecil.

Pengairan dengan irigasi tetes juga ;:manfaatkan dalam produksi melon, smangka, dan tomat. Masing-masing ;nis ditanam dalam puluhan greenhouse
erbentuk tunnel. Satu greenhouse tomat

erisi 3 lajur penanaman terdiri atas 2 baris inam. Tunnel semangka dan melon, 4 -ajur masing-masing 1 baris tanam. Setiap .ajur dilengkapi pipa hitam irigasi tetes. Media yang digunakan bekas penanaman amur atau pasir.
tempat 2 buah disusun segitiga Bak tidak

Mirip di Indonesia
Ikan dan cabai Institusi yang didirikan pada 1997 itu juga memamerkan model penanaman aeroponik. Konstruksi yang lazim ditemukan di Indonesia berupa bak fiber. Di atasnya dipasang styrofoam sebagai tempat tanam. Model di Xinhui Modem Agriculture Base berbentuk segitiga tanpa bak. Sebagai penanaman, styrofoam membentuk terhadap alas diperlukan karena posisi 2 papan styrofoam membentuk ruang kosong. Tapak dara, selada, cabai hias, stroberi, dan tomat ditanam berjarak 15cmxl5cm. Pada bagian alas terdapat selang dilengkapi keran yang menyemburkan nutrisi secara berkala. Alas diberi rak penyangga setinggi 30— 40 cm dari tanah yang dapat dipindah-pindah. Yang tak kalah menarik adalah kombinasi penanaman tanaman hias dan pemeliharaan ikan hias. Empat buah pipa PVC disusun bersambung secara vertikal. Konstruksi itu diletakkan di atas sebuah akuarium beroda yang diisi beragam ikan hias. Cabai hias, petunia, dan ivy ditanam dalam pot kecil yang dibenamkan ke dalam “lubang tanam” pada pipa. Jarak antarlubang 30 cm. Sebagai nutrisi, air dari akuarium dipompa ke pipa paling atas. Sisanya masuk kembali ke dalam akuarium melalui selang dari pipa paling bawah. Kehadiran model akuaponik itu mempercantik restoran di Xinhui Modem Agriculture Base.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Vertikultur bertingkat cocok untuk hobiis

BISNIS MENGGIURKAN PENGINGAT TUHAN

Penanaman Bibit Bawang Alternatif

Virus DBD Takluk pada Daun Pepaya

PADI PALAWIJA TERBAIK DAN LISTING TOPIK PERTANIAN

Budidaya burung kicau kian meraja