bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Walet juga perlu nutrisi untuk menghasilkan liur emas
Filed: Blog
Advertisement
loading...

WALET

Nutrisi Sepanjang Hari, Setahun silam Hendra Arifin mesti panen 140 sarang untuk memperoleh 1 kg liur emas, kini cukup 100-120 sarang, Dahulu bobot sarang di rumah walet Hendra, peternak di Palembang, Sumatera Selatan, memang ringan, rata-rata hanya 7,14 g per sarang. Kini bobot melonjak 10-30% setara 8,3-10 g per sarang. “Saya perhatikan sarang menipis pascawalet menetaskan telur,” kata Hendra. Semula Hendra sengaja memanen sarang tua, yakni berumur 3 bulan agar jumlah liur yang dihasilkan meningkat. Faktanya semakin lama sarang justru menipis. Menurut pakar walet di Palembang, Sumatera Selatan, Albert Edison, sarang walet terdiri dari 2 lapisan, yakni luar dan dalam. Lapisan luar keras seperti cangkang dan lapisan dalam yang lembut sebagai bantalan. “Prinsipnya seperti sebuah rumah. Lapisan luar merupakan rangka dan lapisan dalam bagai ranjang yang nyaman bagi telur, piyik, dan induk,” kata Albert. Struktur sarang lapisan dalam seperti bihun yang lembut, tipis, dan empuk. “Bihun” lembut itu juga berperan sebagai cadangan makanan bagi piyik walet. Sejatinya induk walet memberi pakan kepada setiap piyik yang lapar. Ketika melihat piyik lapar induk walet terbang ke luar sarang mencari serangga. Namun,

Kacang-kacangan salah satu bahan nabati yang mengundang serangga dalam rumah banyak serangga, mereka i: ang ke luar gedung. Peluang walet kabur rumah lain pun kecil,” kata Suparlan. lengan demikian persaingan dengan rumah di sekitar pun minimal. Arief Budiman, pakar walet di Kendal, :Tengah, mengatakan pemberian pakan istra bukan hal baru dalam budidaya walet, jmumnya peternak menangkap serangga ji alam lalu melontarkannya dengan alat :eontar dalam gedung walet. Teknik lain :erupa menghamparkan singkong, tepung aoioka, kacang-kacangan, atau buah- :uahan di lantai rumah walet. Bahan nabati tu mengundang serangga hinggap, bertelur, berkembang biak dalam gedung walet, -da pula yang meletakkan bahan nabati :alam wadah agar tidak berantakan. Sayang, cara itu merepotkan. Bahan yang dihamparkan juga mengotori rumah valet dan menimbulkan bau akibat nembusukan. “Masuk rumah walet seperti masuk ke penampungan sampah,” kata Harsanto. Jenis serangga yang datang pun :dak diketahui sehingga belum tentu piyik atau walet dewasa menyukainya. Jumlahnya pun kerap terbatas.

Lalat cuka
Menurut Harsanto, semula banyak peternak walet enggan menggunakan pakan tambahan berupa tepung yang diisi biakkan serangga. “Sebutan lalat buah sangat menakutkan. Dikhawatirkan mengganggu lahan pertanian dengan menyerang buah-buahan milik pekebun buah,” kata Harsanto. Namun, menurut Dr Suryo Wiyono, kepala Klinik Tanaman Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor, tak semua lalat buah berperan sebagai hama. Sebutan lalat buah merujuk pada spesies, lalat cuka Drosophila melanogaster dari keluarga Drosophilidae dan true fruit fly dari famili Tephritidae. Lalat cuka bukan hama karena memakan buah yang hampir busuk atau buah terluka. “la tak bisa menyerang buah segar yang masih bergantung di pohon,” kata Suryo. Drosophila menyantap cendawan atau ragi pengurai buah-buahan sehingga disebut juga lalat cuka. Yang disebut terakhir banyak menjadi hama seperti genus Bactrocera, Dacus, dan Ceratitis.

Pakan Buatan Walet
Oleh karena itu, menurut Suryo, sepanjang spesiesnya dapat dipastikan Drosophila melanogaster maka makanan tambahan walet aman bagi lahan pertanian di sekitar. Bahkan drosophila menjadi sahabat ilmuwan di laboratorium karena aman, daur hidup pendek, dan memiliki kromosom yang mudah diamati. Bagi peternak walet daur hidup pendek-kurang dari 2 pekan sejak dari telur hingga akhir hidupnya-membuat produksi serangga terus-menerus dengan jumlah ribuan. Satu imago atau serangga dewasa betina drosophila mulai bertelur pada hari ke-2. Itu setara umur 8 hari sejak telur (lihat ilustrasi). Lalu selama 7-10 hari masa hidupnya, ia menghasilkan 400-500 telur. Kelebihan lain, menurut Albert, drosophila yang ditumbuhkan pada media tepung, ragi, dan ekstrak buah-buahan pun tidak menimbulkan aroma busuk sehingga rumah walet terhindar dari bau. Drosophila juga disukai piyik ketimbang serangga lain karena bertubuh lunak. Itulah jasa lalat cuka bagi para peternak si liur emas.

Gunakan baskom berkapasitas besar yang menyisakan minimal ‘A bagian ruang kosong dari adonan. Buat adonan dengan menuangkan 3 liter air panas pada 600 g campuran tepung, ragi, dan ekstrak buah-buahan yang sudah diperkaya biang drosophila. Aduk hingga merata. Letakkan baskom pada tatakan yang diisi air untuk menghindari semut Masukkan baskom ke dalam rumah walet dan letakkan di tempat bersarang. Tutup baskom dengan anyaman kawat 1 cm x 1 cm untuk mencegah cecak masuk. Tambahkan adonan setiap 1 bulan sekali sehingga perkembangan drosophila semakin banyak.

Jawara Tanah Banua
Samsul memberanikan diri Caesar di kontes yang berlangs Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Se kontes yang berlangsung pada pe Juni 2012 itu, Caesar mens 10 rivalnya di kelas jantan dewasa A mudah. Pada perebutan best of the bes: unggul setelah bersaing ketat dengc’ milik Ali Rahman dan Mahadewa Jali, la mampu bergaya bak pers; nan rupawan. Kakinya melangkah lalu sesekali diangkat sebelah bangau yang tengah mengincar r Begitu kakinya turun, dadanya mem: sementara leher ditarik ke belakang ia mengepakkan sayap. Aksi konsisten selama 3 membuat 2 juri dari Jawa Timur-Verri A CH (Tulungagung) dan Widodo I mengganjar nilai 23. Nyaris mendekati maksimal, 25. “Caesar langkahnya pela- terlihat berenergi. Gerakannya berv. dengan jeda-jeda di setiap gerakan Widodo. Menurut Deddy Rusmadi. Borneo Serama Club wilayah Banja 123 serama dari berbagai kota di Kalima-: Selatan dan Jawa Timur mengikuti kontes Pada Kontes Nasional Kecantikan Serama Piala Walikota di Bandung Barat, juga tak kalah semarak. Seba’ 234 peserta dari Bandung, Jakarta, ( Palembang, Kediri, Blitar, dan Sura beradu gaya untuk memperebutkan bergilir dari Walikota Bandung, Dada Dalam laga yang digelar di pendopo dinas Walikota Bandung itu serama r Risman Fauzi asai Garut, Jawa Barat, meraih gelar best of the best dan berral memboyong piala bergilir.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Walet juga perlu nutrisi untuk menghasilkan liur emas

Budidaya Melon 2016

BUDIDAYA BUAH SALAK

HASIL PENELITIAN IKAN KONSUMTIF BERONANG:

Ayam ketawa ternyata kalo dilombakan tak bikin ketawa

Jagung manis di tanam rapat lebih produktif