bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Manfaat bawang lanang mebuat pria semakin lanang
Filed: Blog
Advertisement
loading...

Saat Lebaran makanan berlimpah di kediaman Ude Taryana. Celakanya Ude tak mampu menahan diri untuk menyantap makanan pedas. Akibatnya pekebun bawang putih di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, itu mengalami diare. Beruntung Ude menyimpan bawang lanang. la lalu mengunyah sebutir bawang lanang setiap kali sehabis makan.
Keesokan hari diare pun berhenti.
STAMINA
Ini bekal wajib Lina Mardiana waktu masih hobi berpetualang mendaki gunung 5 siung bawang lanang dan I gandu gula aren. Satu siung bawang lanang ia memarkan, lalu masukkan ke dalam kelapa muda yang telah dikeluarkan dagingnya dan ditambahkan segenggam beras. la juga menambahkan gula aren secukupnya. Setelah tercampur merata, bakar kelapa hingga beras matang.
Jadilah
santapan kaya energi untuk mendongkrak stamina saat mendaki.
AFRODISIAK
Para kaisar Tiongkok mengonsumsi bawang putih tunggal agar stamina tetap prima saat melayani para selirnya yang berjumlah ratusan. Menurut herbalis di Batu, Jawa Timur, Wahyu Suprapto, faedah itu boleh jadi ada benarnya. Bawang lanang berefek memperlancar darah. Dengan begitu peredaran darah di organ genital menjadi lancar sehingga libido pun memuncak.

Foto-foto Imam Wiguna, Andari Titisari, Bondan Setyawan, Desi S Rahimah, M Khais Prayoga,
Foto Andari Titisari & Desi Sayyidati Rahimah

Ahli Atasi Kuman Koch
Konsumsi bawang putih tunggal terbukti andal menumpas bakteri penyebab tuberkulosis.
Napas ngos-ngosan dan batuk disertai muntah darah menjadi pertanda kehadiran bakteri penyebab tuberkulosis di tubuh muda Joko Santoso. Batuk mulai mendera dan terus menjadi setiap kali malam yang dingin datang. Kejadian itu berulang hampir setiap hari.
Melihat kondisi itu kedua orang tua segera membawa murid sebuah Sekolah Menengah Pertama di Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, itu ke dokter. Dari gejala dan hasil pemeriksaan rontgen dokter mendiagnosis Joko menderita tuberkulosis. Sejak saat itulah Joko menjadi tergantungan pada obat dokter.
Infeksi bakteri
Tuberkulosis alias TB merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Menurut Dr dr Zulkifli Amin SpPD, di Departemen llmu penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, proses infeksi M. tuberculosis biasanya secara inhalasi, yaitu melalui saluran pernapasan. Oleh karena itu bakteri mungil itu kerap ditemukan menyerang paru-paru. Penularannya sebagian besar melalui inhalasi basil, terutama dari penderita TB paru dengan batuk berdahak yang mengandung basil tahan asam.
Zulkifli menjelaskan, penderita TB umumnya mengalami gejala klinis seperti demam, batuk, sesak napas, dan nyeri dada. Namun, ada juga pasien yang tidak mengalami keluhan sama sekali. Pada 2011 Badan Kesehatan Dunia (WHO) merilis angka prevalensi tuberkulosis di negara-negara anggota ASEAN. Kamboja menjadi negara dengan prevalensi TB tertinggi di ASEAN, yaitu 693 kasus per
100.0000 penduduk. Sementara Singapura memillki prevalensi TB terkecil, 43 kasus per 100.000 penduduk.
Pada 2009 angka kematian akibat TB tertinggi terjadi di Kamboja, yaitu 71 kasus per 100.000 penduduk. Sedangkan kasus kematian akibat TB terendah yaitu di Brunei Darussalam dan Singapura, masing-masing 1,7 dan 2,3 kasus kematian per
100.000 penduduk. Indonesia menduduki peringkat ke-8 negara dengan risiko TB di ASEAN dan SEARO (South East Asia Region) dengan prevalensi 285 kasus per 100.000 penduduk.
Pada 1993, WHO mendeklarasikan TB sebagai global health emergency. Harap mafhum ketika itu sepertiga penduduk dunia terinfeksi mikobakterium TB. Sebanyak 75 penderita TB berada pada usia produktif, 20-49 tahun. Sejak Heinrich Hermann Robert Koch menemukan tuberkulosis 130 tahun silam, bakteri itu hingga kini masih menjadi momok.
Pada 2011 seorang rekan menyarankan Joko untuk mengonsumsi bawang lanang. Bawang lanang merupakan bawang putih Allium sativum yang hanya terdiri dari satu siung. Berharap kesembuhan datang, pria yang kini berusia 19 tahun itu pun mencoba mengonsumsi bawang tunggal itu. Joko mengonsumsi bawang lanang dalam bentuk sirup sehari tiga kali, masing-masing satu sendok makan. la juga berpantang makanan berminyak, keluar malam, dan merokok.
Sebulan setelah konsumsi batuk berdarah berhenti, ujarnya. Napasnya juga sudah normal, tidak ngos-ngosan, dan wajahnya terlihat lebih segar. Joko pun memutuskan berhenti berobat ke dokter. Namun, meski kondisi kesehatan tubuh sudah jauh membaik hingga kini ia tetap mengonsumsi bawang lanang.

A Novena Yeti Lindawati SFarm Apt, peneliti bawang lanang antituberkulosis
A Konsumsi sirup bawang lanang bebaskanJoko dari derita tuberkulosis
> Bakteri
rasa a .’.ang lanang sebagai antituberkulosis 5^ Novena Yeti Lindawati S Farm Apt dan .3-3 Emy Dhurhania di Akademi Farmasi IT a i-‘akarta. Periset itu menguji bawang
H; secara prakilinis terhadap Mycobacterium
—ten- ir« Dalam risetnya, Novena menggunakan •«€=> – ang lanang dosis 240 (xg/ml, 320 ^ig/
—i ia- j.jj ug/ml, Ketiga dosis itu dibandingkan ier -3 npisln (antibiotik untuk penyakit TB)
a . K ml media.
mikrobiologi di Akademi Farmasi Nasional air iitu membagi sampel dalam 5 kelompok. eewrcc 1 sebagai kontrol, tanpa perlakuan
rawang lanang dan rifampisin. Kelompok I3 – -_an rifampisin 40 ug/ml media. Kelompok e’=kuan ekstrak bawang putih tunggal dosis £ ~U 320 ug/ml, dan 400 ug/ml media.
– ;-~iasing perlakuan terdiri atas 8 cawan. iMku. as dilakukan selama 4-6 minggu pada suhu Setelah itu mereka mengukur pertumbuhan MUKri.
Hasil penelitian menunjukkan ekstrak bawang ; dosis 240 jig/ml media-setara 600 mg teak bawang lanang per kapsul-berpotensi
6 nambat pertumbuhan Mycobacterium ZLC=TCUlosis. Bahkan lebih sensitif daripada -aisin 40|.ig/ml (setara 100 mg rifampisin per acsji’. Dari 8 cawan dosis 240 (xg/ml media, sebanyak 7 cawan tidak ditemukan koloni t oacterium tuberculosis, hanya 1 cawan yang
– r-galami pertumbuhan 26-100 koloni.
.jmlah koloni kontrol negatif dan rifampisin ri-‘ata terdapat lebih dari 26 koloni hingga bakteri -r-utupi seluruh permukaan media. Pada dosis Ug/ml dan 400 ug/ml pertumbuhan koloni
rata-rata juga lebih dari 26 hingga menutupi seluruh permukaan. Pada kadar pemberian ekstrak bawang lanang yang lebih tinggi, 300 dan 400 ^g/ml media justru tidak sensitif terhadap Mycobacterium tuberculosis. Novena menduga semakin tinggi dosis ekstrak bawang putih tunggal yang digunakan bakteri justru semakin resisten.
Resep herbalis
Novena menjelaskan senyawa dalam bawang lanang yang berperan terhadap tuberkulosis adalah alisin. Alisin mengandung enzim yang dapat memecah bakteri. Alisin sebagai antimikroba mampu menghambat bakteri penyebab TB dengan memblokade aktivitas enzim cystein proteinase dan alkohol dehidrogenase penyebab infeksi dan gangguan metabolisme. Selain itu, bawang lanang juga mengandung scornidin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, kata Novena.
Kalangan herbalis sudah lama mengenal bawang lanang sebagai herbal. Herbalis di Surakarta, Jawa Tengah, Sudiyo, meresepkan bawang lanang untuk hipertensi, jantung, sinusitis, kolesterol, stroke, migrain, dan TB. Untuk mengobati TB, Sudiyo meresepkan bawang lanang secara kombinasi dengan madu, sarang semut,
dan jeruk nipis.
Bawang lanang membunuh bakteri, membuang zat amoniak dalam tubuh, dan memperbaiki sel jantung yang rusak, ujarnya. Madu berfungsi meningkatkan imunitas. Jeruk nipis sebagai pereda batuk, kandungan vitamin C-nya tinggi baik untuk imunitas, sekaligus mengurangi bau tajam bawang lanang. Bersama mereka bawang lanang membuat kuman koch keok. (Desi Sayyidati Rahimah/Peliput Andari Titisari)

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
tags:

Related Post Manfaat bawang lanang mebuat pria semakin lanang

HASIL PENELITIAN IKAN KONSUMTIF BERONANG:

BERGURU PADA KERAJAAN TANAH RENDAH

Peluang Agribisnis Masih Terbuka Budidaya Terong Jepang Dan Sayursayuran Ekslusif

GELIAT ADENIUM DI KOTA LUMPIA

KONTES TANAMAN HIAS SUPERPRIDE