bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » Pernah dengar ga ? Kalkun Pencabut Gulma
Filed: Blog
Advertisement
loading...

satu induknya. Buah dekopon manis tanpa biji. Warna dan ukuran buah sa dengan ponkan, bobot bisa mencapa, – gram per buah. Di Jepang dekopon termasuk jenis Itu tampak dari belum banyak pekebun membudidayakannya. Yasuda mena dekopon sejak 5 tahun silam dan s menikmati hasii panen 2 kali. Produ dekopon 15-25 kg/pohon Organik Yasuda menanam jeruk dengan sist pertanian organik. Bagi petani di Minarr bertani secara organik adalah pilihan u mengenang tragedi Minamata, 50 taf silam. Bagaimana mungkin kami menge pencemaran kimia yang memakan ba korban tapi tetap memproduksi ba makanan menggunakan kimia, tutur yang 12 tahun silam pernah mendamp petani di Kenya itu.

Minamata adalah daerah pen dalam sejarah pencemaran bahan ki yang memakan ribuan korban. Pada 1 ratusan penduduk Minamata tewas ak penyakit dengan gejala kelumpuhan sa Diduga mereka keracunan logam berat ikan hasii tangkapan di Teluk Minamata. T heran bila saat ini para petani, terma Yasuda, di desa kecil yang menghadap Jeruk dekopon asai Jepang bentuknya unik, manis dan tanpa biji Kebun jeruk produktif dengan kalkun sebagai pemberantas gulma dan hama. Rumah kaca seluas 600 m2 di kota Minamata, Prefektur Kumamoto, Jepang, itu menakjubkan. Sebanyak 40 pohon jeruk berjarak tanam 3 m x 3 m sarat buah. Shouici Yasuda, sang pemilik, sampai harus mengikat ranting tanaman anggota famili Rutaceae itu dengan tali ke besi yang melintang di atasnya agar tak patah.

Di lahan seluas 0,5 hektar Yasuda nerDangun 4 rumah kaca, dengan luasan sama. Tak seperti pekebun lain yang menanam atau satu jenis tanaman. Yasuda justru menerapkan sistem kebun campuran, yaitu satu rumah kaca berisi beragam jenis tanaman. Di salah satu rumah kaca setinggi 3,5 m ia tanam 5 jenis jeruk summer sweet orange, lemon, sweet spring orange, citrus, dan dekopon. Rp80.000 per buah Saat ini dekopon merupakan jeruk termahal di Jepang dengan harga 800 yen setara Rp80.000 per buah. Maklum, dekopon satu-satunya jeruk yang dipanen saat musim semi. Dekopon berbuah pada Februari saat musim jeruk di Jepang telah usai. Bentuk buah dekopon unik, pangkal buah menggembung mirip pir. Wajar bila dekopon menjadi jeruk primadona Yasuda.

Dekopon merupakan hasii silangan antara kiyomi dan ponkan. Nama jeruk itu berasal dari gabungan kata deko-berarti cembung-dan pon dari kata ponkan, salah bahasa jepang disebut shichimencho itu setelah Yasuda mengetahui kalkun tergolong pemakan segala dan sangat rakus memakan rumput terutama rumput muda yang masih lembut Rumput yang tumbuh di sepanjang musim semi hingga musim panas menjadi pakan kegemaran kalkun. katanya. Lagipula, kalkun pemburu seranggayang baik. Unggas itu memakan hampir semua jenis serangga, seperti kupu-kupu, kumbang, bahkan semut. Dengan kehadiran kalkun kebun jeruk Yasuda tak pernah mengalami gangguan serius akibat serangan hama dan penyakit tanaman. Gulma yang menjadi tanaman inang maupun serangga pembawa penyakit tak sempat berkembangbiak. Menurut Yukiko Oyanagi, staf pengajar di Asian Rural Institute (ARI) di Jepang, selain efektif mengendalikan hama kalkun juga memberi nilai tambah ekonomis. Di Jepang, harga daging kalkun mencapai 100 yen setara RplO.OOO per 100 gram. Total jenderal Yasuda memelihara 15 kalkun dewasa sebagai penghalau hama dan pembersih gulma di lahannya seluas 0,5 ha.
Jika bobot seekor kalkun sekitar 7 kg, Yasuda memperoleh 7.000 yen setara Rp700.000 per ekor. Yasuda mempertahankan jumlah kalkun dewasa sebagai perawat kebun. Setiap kali bertelur, ia menetaskan sebagian sebagai calon pengganti. Sebagian lagi dijual dalam bentuk anakan. Akhirnya Yasuda menuai pendapatan ganda, dari jeruk yang sarat buah dan kalkun. (Syamsul Asinar Radjam, praktikus pertanian di Sukabumi dan alumnus Asian Rural Institute di Jepang)

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post Pernah dengar ga ? Kalkun Pencabut Gulma

Afrodisiak dapat di pilih dari beberapa alernatif

BERSIAP SIAP MENYEDIAKAN MEDIA TERNAK CACING

Budidaya Buah Naga Buahnya Para Dewata

TEKANAN DARAH TINGGI

OBAT TRADISIONAL TEH HITAM PENYEMBUH LEVER