Menu
Dapatkan berbagai benih tanaman unggul stek, cangkok dan biji

Geranium Bunga Belanda Mirip Krisan

Oct
23
2014
by : omtani4. Posted in : Blog

Spektakuler! Itu kata yang tepat untuk menggambarkan pesta florikultura dunia Floriade 2012 di Venlo, Belanda.
Menghabiskan waktu tiga puluh menit di anjungan Bulgaria sungguh jauh dari menjemukan. Anjungan negara beribukota Sofia itu menampilkan taman minimalis nan menawan. Empat kotak tanam berbentuk motif sulaman khas Bulgaria seluas kira-kira 4 m2 tepat setelah pintu gerbang berbentuk pergola berhias geranium berbunga merah di dalam pot langsung menyambut pengunjung. Masing-masing dua kotak tanam di kanan dan dua di kiri jalan setapakyang menghubungkan pintu gerbang dengan rumah kayu dan halamannya.
Melihatnya segera saja bola mata kita dimanjakan pemandangan elok nan mengagumkan. Pada setiap kotak tanam yang berbentuk pola geometris itu tumbuh rumpun-rumpun bunga menyerupai krisan berwarna kuning dan jingga yang kontras dengan rumpun-rumpun aster berbunga putih atau kembang serupa verbena berwarna ungu. Sosok tanaman hanya setinggi kepalan tangan, tapi berbunga penuh.
Krisantemum yang kita kenal di tanahair berupa tanaman semak hingga setinggi bahu orang dewasc Bunga seruni itu lebih populer sebagai bunga potong. Pantas berpuluh-puluh orang pun berhenti menikmati keindahan taman bermotif ala kostum penari tradisioal Bulgaria itu. Mereka berpose dan mengabadikan taman unik itu.
Lalu masuklah ke dalam menuju taman di depan rumah kayu. Taman terlihat meriah dengan geranium berwarna merah cerah dan merah jambu tua dalam pot-pot dari tanah Hat, berpadu dengan lavender berbunga ungu. Di dekat situ ada rumpun- rumpun tanaman bunga herba seperti Matricano reculito dan jombang Taraxacum officinale. Di Kanada kembang dandelion T. officinale kerap dimanfaatkan sebagai diuretik alias peluruh urine. Keindahahan taman Bulgaria kian sempurna dengar rumpun-rumpun mawartipe grandiflora-berbunga besar dan petal berlapis-iapis—mengelilingi taman. Suara gemercik terdengar dari air yang jatuh dari pancuran kayu.

berbagai negara. Sobat Trubus dari Rotterdam, Beianda, Henkvan Staalduinen dan pengunjung lain dengan antusias mengikuti sesi main angklung bersama. Harap mafhum lagu-lagu yang dibawakan akrab di telinga mereka. Sembari menggoyang angklung mereka pun menyanyikan Que Sera Sera yang dipopulerkan oleh Doris Day dan James Stewart pada era 1950-an.

sejarah bunga krisan,
budidaya bunga krisan,
arti bunga krisan,
gambar bunga krisan,
cara merawat bunga krisan,
bunga krisan kuning,
bunga krisan ungu    ,
bunga krisan wikipedia,

Pada Floriade 2012 Indonesia “memboyong” antara lain rumah adatToraja (Sulawesi Selatan), Lombok (Nusa Tenggara Barat), rumah panjang Kalimantan, dan pendopo rumah Jawa untuk mewakili keragaman budaya Nusantara. Pintu masuk berupa gerbang dari tumpukan batu bata merah khas Jawa. Di bagian tengah terdapat
Floriade2012 seluas 65 ha dari Panggung dunia
atas sky train Keelokan taman bermotif itu hanya salah satu
wahana dari firdaus bernama Floriade 2012, Pesta sepuluh tahunan industri florikultura itu mengisi lahan seluas 65 ha di kota Venlo, Beianda. Venlo berjarak sekitar dua jam bermobil melalui jalan bebas hambatan dari Amsterdam ke arah tenggara. Kota kecil di Provinsi Limburg itu salah satu sentra hortikultura di Beianda. Hutan kayu seluas 25 ha di dalamnya masih dipertahankan. Sisanya merupakan bekas lahan pertanian.
Sebelumnya Floriade diselenggarakan di Rotterdam (1960), Amsterdam (1972 dan 1982), Zoetermeer (1992), dan Harlemmermeer (2002). Pesta flora dunia ke-6 itu menawarkan lima tema besar: Environtment, World Show Stage, Education & Innovation, Relax & Heal, dan Green Engine. Taman Bulgaria menjadi salah satu bagian dari tema World Show Stage, antara lain terdiri dari deretan paviliun dari berbagai negara,
Berdampingan dengan Bulgaria, kita bisa menikmati keindahan taman khas Mediterania di paviliun Italia. Atau taman Turki yang didominasl warna biru ornamen keramik. Setiap negara tidak hanya menyuguhkan keindahan taman, tapi juga budaya dan komoditas unggul masing-masing. Saat memasuki anjungan Kenya, misalnya, pengunjung dimanjakan dengan suguhan kopi khasnya yang maknyus di lidah. Di paviliun Ekuador alunan alat musik khas seperti seruling yang direndengkan dan ditiup dari atas membahanakan nada-nada indah yang enak didengar.
Pertunjukan budaya juga yang menyambut ketika Trubus mampir ke anjungan Indonesia pada 15 Juli 2012. Alunan sasando dari Nusa Tenggara Timur dan angklung dari Jawa Barat yang menjadi salah satu bagian dari pentas the Wonderful Rhythm of Indonesia mempesona para pengunjung dari
Taman mediterania di paviliun Italia
Paviliun Indonesia hadirkan rumah adat Nusantara
ab taooudur. Di sanalah pengunjung banyak -edatangan mereka di paviliun
? *>.. -crade ke-5 pada 2002 di !> ” – ^-rr rumah adat Betawi beserta M13JB’Pi3 menjadi daya tarik utama mmtm •:: Singkong dan tebu, tanaman tangi- .;’g sengaja dibawa sang perancang, P u. – Soetopo, pun mengundang rasa 2012 salah satu tanaman yang (mm a ah pisang merah. Tanaman khas lain :ae–paleman, dan sikas haji Cycas
‘immt -niau
pna i’een Engine menyuguhkan inovasi ir- am energi hijau, seperti rumah mandiri wmmm erefgi. Sinar matahari itu ditangkap HMBbj :,i’rl-panel kaca, Energi panas itu yang name i – : ubah menjadi energi listrik untuk JPMfcs : ‘jmah dan menyalakan mobil hibrida. 40a – ; ‘ding rumah ditumbuhi aneka tanaman naiMi ire-edam hawa panas. Dengan taman atap mm .ertikai itu penghuni rumah tak perlu SB*;-Lpr udara untuk mendapatkan hawa dingin
a.’ a. = – ‘jmah. Tema taman atap dan taman tfte :-*up dominan terlihat pada pameran yang 3H(. • £.–ng sejak 5 April hingga 7 Oktober 2012 itu. *•5: -alium taman tak biasa itu memang tengah pwer d dunia.
• ..isana hijau juga hadir dengan fctrsrankannya hutan seluas 25 ha terdiri dari
:inr. currant, dan bird cherry. Pada musim (ppss cj rerumputan dan aneka bunga seperti Mil i. dan geranium menghias hampir setiap Kor yea Floriade, mulai pintu masuk hingga aas ‘ :aling belakang. Sementara lima minggu pita “a sejak pembukaan pada April tulip dan
: .ang mendominasi.
•:-sep terbaru dalam menata taman ar -j-aman hadir di sebuah gedung megah Villa Flora. Bangunan berdinding dan fcaac kaca seluas 7.500 m2 karya arsitekJon %~=~’5son itu merupakan pusat ekshibisi dalam msrsin. Di sana pengunjung akan dimanjakan pameran aneka gaya rangkaian flora •e~-*akhir. Pernahkah membayangkan kantong a menjadi pot? Nyatanya dengan sentuhan ms:-; kantong belanja menjadikan tanaman biasa arrx lebih menarik.
‘alau pada Floriade 2002 taman karnivora adi pusat perhatian pameran indoor, kini -:^tinya taman vertikal jadi primadona. Aneka
– ~e ad misalnya, ditanam di atas panel :–entuk seperti saku baju yang disusun ke atas.
Atau pot-pot berisi kalanchoe disusun di atas penyangga khusus berbentuk seperti bangku yang bisa ditumpuk hingga 17 tumpuk.
Di arena sama pengunjung dapat menyaksikan para pemenang lomba tanaman hias indoor yang ditata dalam wadah-wadah unik, misal potongan boks kayu. Pantas jika Yos Sutioso, pemilik nurseri anggrek, pekebun sayuran hidroponik, dan konsultan pertanian yang hadir bersama Trubus ke Floriade 2012 berujar, “Di sini banyak ide yang bisa didapat para pemain florikultura.”
Puas mengelilingi arena pameran dunia itu marilah beristirahat sejenak sambil duduk-duduk menikmati bunga, rerumputan, dan tanaman perdu yang dipadu-padan laksana taman surga. Sebelum pulang mengapa tak mampir ke toko serbaada untuk membeli oleh-oleh aneka tanaman sampai pin Floriade 2012 supaya teringat selalu pameran florikultura sepuluh tahunan nan spektakuler itu. (Evy Syariefa)
E/ok taman geometris Bulgaria dengan krisan dan aster

Rerumputan dan bunga musim panas, dominan pada Juli
Villa Flora, ajang pameran
indoor Floriade 2012

Foto-foto: Evy Syariefa & Onny Untung
Paviliun bernomor 98 itu menuai decak kagum. Belgia hadir dengan taman atap yang miring hampir 45°.
Pemandangan menakjubkan terlihat dari atas sky train yang membawa Trubus membelah iangit di atas area pesta florikultura Floriade 2012 di Venlo, Beianda. Di sebuah sudut area terlihat sebuah taman berbentuk segitiga samasisi yang menghampar kira-kira seluas lima kali lapangan bulutangkis. Bukan cuma paduan rerumputan, tanaman berbunga, dan perdu yang ditanam apik yang menjadi pusat perhatian. Taman itu miring, menanjak, naik dengan sudut 45°! Taman menjadi atap paviliun Belgia dalam acara pameran sepuluh tahunan itu. “Ini contoh roof garden yang benar-benar berbeda,” tutur Dr Ir Nizar Nasrullah, MAgr, ahli tanaman lanskap di Institut Pertanian Bogor, saat melihat foto taman miring itu. Istilah roof garden atau top garden biasa dipakai untuk menyebut taman yang posisinya berada di bagian atas bangunan. Biasanya posisi taman rata mendatar, mengikuti bentuk dak rumah. Taman atap di paviliun Belgia justru miring.

artikel lainnya Geranium Bunga Belanda Mirip Krisan

Tuesday 19 May 2015 | Blog

BAKALAN SAPI TERUS NAIK SEIRING MENINGKATNYA KEBUTUHAN KURANG PASOKAN Menurut Bonny Irvan Faizal peternak di Kecamatan…

Wednesday 10 February 2016 | Blog

45 tanaman hias pak benar-benar kuat anggrek yang suda.’ berbunga harus diletak-tempat yang banyak s:~ tahari,…

Sunday 17 August 2014 | Blog

Citarasa dan aromanya membawa nikmat cop campuran kopi lain rasanya jauh lebih nikmat” tutur Darn Hasan…

Wednesday 17 February 2016 | Blog

Di alam, zeolit terbentuk dari abu lahar dan materi letusan eunung berapi. Zeolit juga bisa terbentuk…

Rekening Pembayaran


BRI : 051201005742507 An/ : Budi Prihono, S.Sos
MANDIRI : 1380010506520 An/ : Budi Prihono, S.Sos
BNI : 0282198021 An/ : Budi Prihono, S.Sos
BCA : 0770538343 An/ : Budi Prihono, S.Sos
Info & Pemesanan : Kayamara Group, Perumnas Jl. Salak 5 No. 125 RT. 001/019, Ngringo, Jaten, Karanganyar 57772. Workshop : Triyagan
02718202839
085727072225
085727072225
marketingkayamara@gmail.com