Menu
Dapatkan berbagai benih tanaman unggul stek, cangkok dan biji

Pengembangan Beras Organik di Sragen

Oct
22
2014
by : omtani4. Posted in : Blog

PENGEMBANGAN BERAS ORGANIK
Uraian Proyek
Padi organik adalah padi yang dihasilkan melalui proses organik. Penanamannya menggunakan pupuk kompos dan pupuk kandang serta pemberantasan hama menggunakan pestisida alami yang dihasilkan dari daun-daunan. Proses organis itu sendiri akan dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah, serta membangun ekosistem yang berkelanjutan. Dapat dikatakan, beras organik bebas dari unsur pestisida kimia yang sangat baik bagi kesehatan jika dikonsumi setiap hari.
Pertanian organik mempunyai banyak keunggulan ditinjau secara ekonomi, yaitu biaya produksi lebih murah dan nilai jual lebih tinggi. Selain itu, pertanian organik juga mempunyai nilai tambah bagi kesehatan dan program pelestarian alam. Seluruh aktivitas budidaya padi organik diawasi dan dibina oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen.
Peluang bisnis di bidang beras organik masih terbuka lebar. Apalagi pemain beras organik di Indonesia masih sangat terbatas, tidak lebih dari 20 pengusaha. Oleh sebab itu usaha beras organik di Sragen memiliki prospek keuntungan yang bagus, sementara tren konsumsi beras organik di Indonesia belakangan ini terus meningkat.
tempat. Namun, tanaman ini akan memberikan hasil optimum bila ditanam di lokasi yang sesuai. Ketinggian tempat yang sesuai untuk tanaman ini yaitu dataran rendah sampai 700 m di atas permukaan laut, untuk Kabupaten Sragen yang mempunyai ketinggian 109 m diatas ketinggian permukaan laut sangat cocok untuk jeruk besar ini, Sedangkan yang ditanam di atas ketinggian 700 m diatas permukaan laut rasa buahnya lebih asam. Suhu optimum yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya berkisar antara 25-30° C. Sedangkan sinar matahari harus penuh agar produksinya optimal.
Hasil budidaya tanaman jeruk besar ini sangat menjanjikan. Di desa Wonorejo, Kalijambe terdapat kurang lebih 30 petani yang telah mengembangkan tanaman ini sedangkan di desa Keden ada sekitar 132 petani. Tanaman ini juga dikembangkan di desa Bukuran, Kalijambe dengan areal lahan seluas 50 Ha. Hal ini tentu saja mendatangkan peluang investasi tersendiri bagi para investor untuk pengembangan lebih lanjut.
Selain jeruk, tanaman yang mempunyai peluang dan prospek pengembangan bagus di Sragen adalah kelengkeng. Buah sebesar biji kelereng ini daging buahnya berwarna agak bening dan banyak mengandung air. Konon, orang dari negeri Jiran akrab menyebutnya ‘mata kucing,’ sedangkan di lidah orang Indonesia buah berkulit coklat ini lebih akrab dengan sebutan buah kelengkeng. Baik biji kelengkeng maupun daging buahnya, dapat digunakan sebagai penyembuhan penyakit. Sedangkan orang Cina memberi nama buah asli Asia ini Long Yan Rou, yang artinya mata naga yang tajam. Kelengkeng juga disebut buah euforia, mungkin karena dapat membuat orang berenergi. Merupakan buah musiman dengan rasa yang sungguh manis, cocok digunakan sebagai campuran minuman, karena terasa segar dikonsumsi saat hari terasa panas.
Buah kelengkeng banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, dan asam tartaric yang merupakan sumber energi yang baik. Rasanya sangat manis dan berguna untuk meningkatkan stamina, terutama sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Bila dimakan dalam kondisi segar juga bisa mengurangi demam. Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia, dan pemutihan rambut dini. Namun, jika makannya terlalu banyak akan membuat tubuh panas karena kelebihan energi.
Insentif dari Pemerintah Kabupaten
1. Pembebasan biaya ijin prinsip dan ijin lokasi
2. Pembebasan biaya ijin SIUP, TDP bagi pengusaha pemula dan perusahaan yang memperkerjakan lebih dari 100 karyawan
3. Pelayanan perijinan yang mudah, cepat, murah dan transparan dengan waktu penyelesaian maksimal 12 hari kerja
4. Fasilitator serta memberikan pelayanan informasi dan data yang diperlukan berkaitan dengan kegiatan pembangunan

artikel lainnya Pengembangan Beras Organik di Sragen

Sunday 15 November 2015 | Blog

PERTANIAN PENAWARAN ISTIMEWA !!! BAGI PERKEBUNAN: KELAPA SAWIT, KAKAO, KARET, KOPI DLL, (Bagaimana Menekan Biaya Produksi…

Monday 19 October 2015 | Blog

Dapatkan Cacing Tanah & Manfaat Kualitas Terbaiknya. Disini >> Sukses Ternak Cacing Disini >> SOP Sukses…

Saturday 13 February 2016 | Blog

perawakannya tinggi besar sesuai dengan f ungsinya sebagai anjing jaga. Kulit wajahnya berlipat-lipat sehingga dia tampak…

Sunday 31 January 2016 | Blog

Suweg. Inilah makanan kesukaan simbah putriku. Makanan yang asli bikin kenyang karena karbohidrat doang. Nggak tahu…

Rekening Pembayaran


BRI : 051201005742507 An/ : Budi Prihono, S.Sos
MANDIRI : 1380010506520 An/ : Budi Prihono, S.Sos
BNI : 0282198021 An/ : Budi Prihono, S.Sos
BCA : 0770538343 An/ : Budi Prihono, S.Sos
Info & Pemesanan : Kayamara Group, Perumnas Jl. Salak 5 No. 125 RT. 001/019, Ngringo, Jaten, Karanganyar 57772. Workshop : Triyagan
02718202839
085727072225
085727072225
marketingkayamara@gmail.com