Menu
Dapatkan berbagai benih tanaman unggul stek, cangkok dan biji

Program Pendidikan, Pelatihan, dan Penyuluhan Pengairan

Jan
22
2015
by : omtani3. Posted in : Blog

pertanianProgram Pendidikan, Pelatihan, dan Penyuluhan Pengairan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pengembangan sumber daya air, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlunya melakukan efisiensi penggunaan air serta perlunya menjaga kelestarian sumber daya air guna melestarikan fungsinya. Kegiatan pokoknya adalah berupa pendidikan, pelatihan, serta berbagai bentuk penyuluhan, baik di pusat maupun di daerah. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan tuntutan kebutuhan yang tidak dapat dihindari untuk menghadapi tantangan pembangunan pengairan yang semakin meningkat. Dalam tahun ketiga Repelita VI, diselenggarakan berbagai jenis pendidikan, kursus, dan kursus singkat di bidang pengairan yang diikuti oleh tenaga pelaksana pembangunan serta pendidikan sebanyak 131 orang dari berbagai institusi di luar dan di dalam negeri. Dengan demikian, selama Repelita VI, telah dihasilkan tenaga-tenaga terdidik di bidang pengairan sebanyak 438 orang.

Program Penyelamatan Hutan, Tanah, dan Air Program ini bertujuan untuk menjaga kualitas lingkungan daerah aliran sungai guna menjaga kelestarian sumber air dan meningkatkan kualitas air sehingga aman bagi kesehatan masyarakat, serta menjaga kualitas lingkungan hidup. Program ini dilaksanakan antara lain untuk menunjang usaha pertanian konservasi dan hutan rakyat di daerah hulu sungai, serta upaya melindungi daerah hulu dan daerah tangkapan waduk dari kerusakan lingkungan. Guna menunjang kegiatan tersebut, telah dilakukan berbagai upaya, antara lain melalui pengaturan sempadan sungai sebagai upaya XII/36 menjaga kondisi alur sungai dari pengaruh erosi maupun sedimentasi dan pengaturan kawasan lindung.

Program Pembinaan Daerah Pantai Program ini ditujukan untuk meningkatkan pelestarian fungsi ekosistem pantai dan mengendalikan kerusakan lingkungan pantai, sekaligus mengamankan daerah pariwisata, sentra produksi, daerah padat pembangunan, dan daerah potensial lainnya dari ancaman abrasi pantai. Dalam tahun ketiga Repelita VI, telah dilaksanakan kegiatan untuk mengamankan pantai sepanjang 5 km (Tabel XII-24), antara lain untuk melindungi kawasan wisata Sanur, Gianyar, dan Klungkung di Bali, serta prasarana dan sarana perkotaan seperti jalan di Manado. Dengan demikian, upaya pengamanan pantai sampai dengan tahun ketiga Repelita VI telah mencakup 35 km di berbagai lokasi di Indonesia.

Program Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengairan Program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pemanfaatan sumber daya air melalui pengembangan dan penguasaan iptek. Dalam tahun ketiga Repelita VI, kegiatannya meliputi penelitian terhadap bahan-bahan yang efisien dan efektif untuk bangunan-bangunan prasarana pengairan, penelitian geotek- nik daerah rawan longsor di daerah pengairan Jawa Barat Selatan, penelitian tipe bangunan air tahan gelombang bencana tsunami pada pantai kawasan barat Indonesia, serta berbagai jenis pengkajian yang berkaitan dengan sistem pemberian air secara hemat untuk irigasi sawah dan prototip mikrohidro sistem centrifugal untuk listrik pompa air.

tags:

artikel lainnya Program Pendidikan, Pelatihan, dan Penyuluhan Pengairan

Sunday 12 July 2015 | Blog

BIOETANOL BAHAN BAKAR MASA DEPAN Tak selamanya memproduksi bioetanol perlu modal tinggi hingga ratusan juta rupiah.…

Friday 25 January 2013 | Blog

Oleh : Budi Santoso Tanaman rami dipanen setiap umur 2 bulan sekali atau sekitar 60 hari…

Wednesday 16 December 2015 | Blog

Agroteknologi Tanaman Buah-buahan ASIL BARUS SYUKRI 2008 ii USU Press Art Design, Publishing & Printing Gedung…

Thursday 14 May 2015 | Blog

ANGGREK LANGKA TUMBUH SUBUR BERKAT MIKORIZA PERSAHABATAN ANGGREK-MIKORIZA ITU 23 TAHUN SILAM. Itu bermula dari pengamatannya…

Rekening Pembayaran


BRI : 051201005742507 An/ : Budi Prihono, S.Sos
MANDIRI : 1380010506520 An/ : Budi Prihono, S.Sos
BNI : 0282198021 An/ : Budi Prihono, S.Sos
BCA : 0770538343 An/ : Budi Prihono, S.Sos
Info & Pemesanan : Kayamara Group, Perumnas Jl. Salak 5 No. 125 RT. 001/019, Ngringo, Jaten, Karanganyar 57772. Workshop : Triyagan
02718202839
085727072225
085727072225
marketingkayamara@gmail.com