bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Home » Blog » CARA MEMBUAT KANDANG CACING TANAH
Filed: Blog
Advertisement
loading...

cacing 2Dalam kesempatan yang baik ini kita akan sengaja menulis sebuah Cara membuat kandang budidaya cacing tanah, memang tak dapat dipungkiri sebuah kandang dalam bidang usaha peternakan terkadang menjadi masalah besar dan kendala paling besar mengingat nilai investasi untuk membangun sebuah kandang tidak sedikit yang berarti mahal begitu juga di bidang usaha peternakan cacing tanah lumbricus rubellus jer basuki mowo beyo ya. Kita akan bicara dengan lugas mengenai anggaran untuk membangun sebuah kandang peternakan cacing tanah bagi tersebut tidak usah terbaik yang terpenting nyaman untuk cacing tanah saja sudah cukup namun perlu di perhatikan juga lingkungan sekitar yang akan kita gunakan sebagai kandang budidaya cacing tanah ini dengan sangat, ini bukan memikirkan anggara APBN namun penting ya.

JIKA SAJA INI TERJADI UNTUK MEMBUAT KANDANG CACING TANAH
Kalau seperti tersebut yang hidup di pinggiran kota yang ebrada di desa yang terpencil alias ndeso ini ndak jadi masalah pasalnya lingkungan tersebut sendiri mepet dengan sawah alias rumah mewah ( rumah mepet sawah ). Baiklah nah untuk membuat kandang banyak sekali tempat yang bisa kita gunakan untuk kandang budidaya cacing tanah ini kalau mau buat ya bisa melihat beberapa contoh model peternakan cacing tanah seperti yang saya gambarkan, kandang rak bertingkat menggunakan keranjang buah yang sudah tidak terpakai dan kandang cacing dengan kotak kayu kandang cacing dengan bak saran tersebut jika kita menekuni dunia peternakan cacing dan sudah mempunyai pasar maupun pelanggan bisa menggunakan sistem kandang model peternakan bertingkat / rak seperti yang saya maksudkan. Namun jika pingin lebih asik lagi dengan sistem tani yaitu memanfaatkan hamparan kebun maupun sawah dengan membuat bedeng-bedengan. Ini anjuran ya namun ngga harus juga, cara beternak cacing dengan sistem kandang bedengan ini lebih mudah dan efisien baik dalam pemeliharaan maupun panen apalagi untuk memanen pupuk organik kascing akan lebih mudah dilakukan.

CARA MEMBUAT KANCANG CACING TANAH YANG KOMPETEN

Begitu banyak media yang bisa digunakan untuk beternak cacing dan juga harus memiliki syarat yang memadai untuk di praktikan dengan seksama. Syarat untuk layak menjadi media diantaranya adalah :

  • Media selalu gembur, tidak mudah padat.
  • Cacing senang kelembapan (tapi tidak berlebihan), jadi media harus mampu menahan kelembapan (tingkat kelembapan: 35 – 50%) lingkungan.
  • Media mudah terurai.
  • Media adalah bahan organik yang telah mengalami pelapukan dan tidak mengeluarkan lagi gas-gas yang berbahaya bagi cacing.
  • Suhu media berkisar antara 20 – 30 derajat C.
  • pH media antara 6,5 – 7,2. Beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai media antara lain : – kotoran ternak (sapi, kuda, ayam, domba – yang terbaik kotoran sapi karena kandungan protein yang dapat langsung dicernanya terendah) – kompos – serbuk gergaji (jangan serbuk gergaji kayu putih, pinus dan jeruk karena mengandung minyak asiri yang tidak disukai cacing) – rumen (kotoran yang masih terdapat dalam perut binatang ruminansia seperti sapi, bisa didapatkan di rumah-rumah potong) – sekam – jerami – batang pisang – bubur karton/kertas – kulit jagung – bahan organik berserat lainnya Bahan-bahan ini bisa dipakai sendiri-sendiri atau dikombinasikan, sebagai contoh saya sendiri pernah dan masih menggunakan bubur kertas tanpa dicampur apapun, campuran sekam dan kotoran sapi, campuran kotoran sapi dengan kompos dengan hasil yang relatif sama.

Jadi kita tidak perlu terpaku pada satu bahan atau campuran tertentu untuk dijadikan media. Di Lembang, misalnya, karena mudah mendapatkan batang pisang dan kotoran sapi maka beberapa peternak cacing menggunakan campuran keduanya sebagai media dan sekaligus makanannya. Kalau Anda dekat dengan pasar atau perkebunan/pabrik teh sampah daun-daunan dapat dimanfaatkan. Karena persyaratan di atas, media seperti kotoran hewan, daun-daunan, serbuk gergaji kayu harus terlebih dahulu dibiarkan mengalami fermentasi/dekomposisi/pelapukan terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.

shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

komentar

klikaja bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Related Post CARA MEMBUAT KANDANG CACING TANAH

MERAWAT RAMBUT DAN GIGI DENGAN HERBAL ALAMI

Efisiensi panen yang menarik

OBAT TRADISIONAL PENYAKIT KELAINAN DARAH

PAMERAN SUANG LUAN.ULANG TAHUN RAJA BHUMIBOL

Nanas manis, renyah dan tidak gatal